Penerapan Model Cooperative Learning tipe TGT (Team Game Turnament) dengan Media Kartu untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn pada Siswa Kelas IV SDN 03 Glagahwaru Kudus.

Noor Sholihah , 1401909106 (2011) Penerapan Model Cooperative Learning tipe TGT (Team Game Turnament) dengan Media Kartu untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn pada Siswa Kelas IV SDN 03 Glagahwaru Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Penerapan Model Cooperative Learning tipe TGT (Team Game Turnament) dengan Media Kartu untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn pada Siswa Kelas IV SDN 03 Glagahwaru Kudus.) - Submitted Version
Download (2459Kb)

    Abstract

    Pembelajaran PKn di SD bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan model Cooperative tipe TGT. Kondisi pembelajaran PKn di SDN 03 Glagahwaru Kudus terdapat beberapa kekurangan diantaranya guru menggunakan metode konvensional, siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga materi yang disampaikan guru kurang terserap dengan baik oleh siswa sehingga menyebabkan prestasi belajar siswa yang rendah. Dari masalah tersebut maka dapat di rumuskan masalah sebagai berikut, apakah penerapan model pembelajaran Cooperative tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn kelas IV SDN 03 Glagahwaru Kudus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 Glagahwaru Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Subjek penelitian siswa kelas IV pada semester gasal 2011. Penelitian ini di laksanakan dalam 3 siklus dengan data awal hasil pre tes. Siklus I, II, dan III masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Tindakan yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kartu. Hasil dari tindakan pada penelitian ini menunjukan adanya peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan yang diperoleh selama penelitian berlangsung. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat di amati dari peningkatan nilai hasil turnamen dari siklus I diperoleh rata-rata 65,5 setelah siklus II menjadi 77,5 dan berlanjut sampai siklus III menjadi 90,5. Sementara itu hasil pengamatan aktivitas guru dari siklus I diperoleh rata-rata 67% setelah siklus II menjadi 80% dan siklus III menjadi 85% dengan kategori sangat baik. Dan persentase aktivitas siswa secara umum juga mengalami peningkatan dari siklus I diperoleh rata-rata 62% yang awalnya berkategori kurang, setelah siklus II diperoleh rata-rata 75% dengan kategori baik, dan siklus III diperoleh rata-rata 87% dengan kategori sangat baik. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Team Game Turnament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan prestasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn di SDN 03 Glagahwaru Kudus. Saran dalam penelitian tindakan kelas ini dapat dijadikan landasan dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative tipe TGT untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan prestasi belajar PKn pada siswa kelas IV SDN 03 Glagahwaru Kudus.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning tipe TGT, Prestasi Belajar PKn
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 08 Jan 2012 21:41
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:16

    Actions (login required)

    View Item