ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN INFLASI TERHADAP PENGANGGURAN KABUPATEN BREBES TAHUN 1990-2009

Thomas Setyawan , 3353404048 (2011) ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN INFLASI TERHADAP PENGANGGURAN KABUPATEN BREBES TAHUN 1990-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN INFLASI TERHADAP PENGANGGURAN KABUPATEN BREBES TAHUN 1990-2009) - Published Version
Download (687Kb)

    Abstract

    Pengangguran menjadi masalah yang selalu muncul pada setiap tahunnya baik di tingkat daerah maupun tingkat nasional. Pengangguran diperngaruhi oleh pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Permasalahan akan dikaji dalam penelitian ini adalah mendeskriptifkan pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap pengangguran Kabupaten Brebes, mendeskriptifkan pengaruh inflasi terhadap pengangguran Kabupaten Brebes, mendeskriptifkan pengaruh pertumbuhan ekonomi dan inflasi terhadap pengangguran Kabupaten Brebes. Tujuan penelitian adalah mengetahui dan menganalisis mendeskriptifkan pengaruh pertumbuhan ekonomi dan inflasi terhadap pengangguran Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan data sekunder yang diperoleh dari BPS Provinsi Jawa Tengah dan BPS Kabupaten Brebes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian di Kabupaten Brebes tahun 1990-2009 pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan positif dan ada 11 (sebelas) tahun yang sesuai dengan teori dan 8 (delapan) tahun tidak sesuai dengan teori. Inflasi berpengaruh positif dan negatif serta ada 10 (sepuluh) tahun yang sesuai dengan teori dan 9 (sembilan) tahun yang tidak sesuai dengan teori. Pertumbuhan ekonomi dan inflasi bersama-sama berpengaruh sesuai teori hanya pada 6 (enam) tahun. Dari hasil penelitian ini pemerintah Kabupaten maupun Kecamatan diharapkan bisa menyediakan lapangan pekerjaan agar dapat menyerap tenaga kerja. Pemerintah Kabupaten diharap mampu mengatasi lonjakan harga yang disebabkan oleh inflasi maka perlu adanya pengawasan dari Pemerintah Kabupaten Brebes agar dapat mengendalikan harga-harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok (bahan baku untuk produsen) agar laju inflasi dapat ditekan, sehingga produsen tidak terbebani oleh melambungnya harga-harga bahan mentah dan Pemerintah diharapkan mau menyediakan sarana untuk meningkatkan mutu tenaga kerja melalui penyuluhan ketrampilan atau melalui pendidikan. Dengan bagusnya mutu tenaga kerja diharpkan bisa menarik investor untuk menanamkan usahanya dan dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pertumbuhan ekonomi, inflasi dan pengangguran
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 19 Dec 2011 19:46
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:15

    Actions (login required)

    View Item