STUDI KEBUTUHAN FASILITAS RUANG PENDIDIKAN JENJANG SEKOLAH MENENGAH DI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

EDI KURNIAWAN , 3201407052 (2011) STUDI KEBUTUHAN FASILITAS RUANG PENDIDIKAN JENJANG SEKOLAH MENENGAH DI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (STUDI KEBUTUHAN FASILITAS RUANG PENDIDIKAN JENJANG SEKOLAH MENENGAH DI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (858Kb)

    Abstract

    Salah satu tujuan rencana strategis pembangunan Kota Semarang adalah mewujudkan sumber daya manusia dan masyarakat Kota Semarang yang berkualitas. Dimana untuk menunjang tujuan tersebut salah satu strategi yang digunakan adalah mengembangkan pemerataan akses dan mutu pendidikan dasar Sembilan tahun dan rintisan wajar 12 tahun didukung oleh sarana prasarana yang memadai dan tenaga pendidikan yang profesional serta peningkatan tata kelola pendidikan yang berskala standar nasional. Pemerataan tersebut diharapkan mampu tersebar di semua kecamatan yang ada, seperti Kecamatan Gunungpati yang partisipasi pendidikanya masih rendah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui kondisi pendidikan dan kependudukan di Kecamatan Gunungpati (2) Mengetahui kebutuhan fasilitas pendidikan dan jenisnya (3) Mengetahui lokasi sekolah menengah yang sesuai dengan keinginan masyarakat dan Permendiknas No. 24 tahun 2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP dan MTs di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, yang berjumlah 1204 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 270 siswa yang tersebar di SMP dan MTs di Kecamatan Gunungpati yang dipilih secara acak. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait dan data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket pada siswa Kelas IX SMP dan MTs. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di KecamatanGunungpati pada tahun ajaran 2012/2013 membutuhkan 40 ruang kelas sekolah menengah, dimana keinginan siswa sekolah yang dikembangkan adalah SMK, dimana Lokasi yang dapat dikembangakan adalah di Kelurahan Nongkosawit. Hal ini berkaitan dengan jumlah penduduk usia sekolah, lokasi, dan keberadaan sekolah lain. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagi pemerintah Untuk mendorong tercapainya Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Kota Semarang 2010-2015, yaitu pemerataan akses dan mutu pendidikan serta rintisan wajar 12 tahun maka di Kecamatan Gunungpati perlu dikembangkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 2) Penentuan jurusan pada SMK yang akan dikembangkan masih perlu dikaji lagi agar sesuai dengan potensi wilayah dan kebutuhan dunia usaha, sehingga akan dihasilkan lulusan yang terserap oleh dunia usaha.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kebutuhan, Ruang Kelas
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 18 Dec 2011 23:36
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:13

    Actions (login required)

    View Item