(ABSTRAK) PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PADA SWALAYAN ANEKA JAYA BOJA

Efi Dwi Ariyanti , 3352405562 (2011) (ABSTRAK) PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PADA SWALAYAN ANEKA JAYA BOJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PADA SWALAYAN ANEKA JAYA BOJA ) - Published Version
Download (243Kb)

    Abstract

    Dalam membentuk citra dimata konsumennya dengan menawarkan keragaman produk dan memberikan pelayanan yang baik agar citra perusahaan mempunyai citra yang baik dimata konsumennya. Tetapi pada kenyataannya Swalayan Aneka Jaya Boja mengalami fluktuasi jumlah pembeli tiap bulannya pada tahun 2010. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh keragaman produk dan pelayanan terhadap citra perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keragaman produk dan pelayanan secara langsung maupun tidak langsung terhadap citra perusahaan. Populasi dalam penelitian ini pengunjung yang berbelanja di Swalayan Aneka Jaya Boja, sampel responden sebanyak 103 orang menggunakan teknik accidential sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data dengan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda dengan variabel bebas keragaman produk dan pelayanan, sedangkan variabel terikatnya adalah citra perusahaan. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y=6,923+0,426X1+0,399X2. Untuk variabel keragaman produk (X1) nilai t hitung 6,196 sedangkan t hitung variabel pelayanan (X2) 6,757. Uji hipotesis simultan (F) diperoleh F hitung 56,633 dengan nilai signifikan 0,000<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Koefisien determinasi parsial (r2) keragaman produk diperoleh 27,8% sedangkan (r2) untuk variabel pelayanan 31,4% ini menunjukkan pelayanan memberikan pengaruh lebih besar terhadap citra perusahaan dibanding keragaman produk. Koefisien determinasi ganda (R2) 52,2% Citra Perusahaan pada Swalayan Aneka Jaya Boja dipengaruhi oleh Keragaman Produk dan Pelayanan sedangkan sisanya 47,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keragaman produk terhadap citra perusahaan pada Swalayan Aneka Jaya. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pelayanan terhadap citra perusahaan pada Swalayan Aneka Jaya. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keragaman produk dan pelayanan secara simultan terhadap citra perusahaan pada Swalayan Aneke Jaya. Pelayanan merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap citra perusahaan pada Swalayan Aneka Jaya. Saran bagi pihak swalayan agar terus meningkatkan pelayanan dengan meningkatkan kualitas karyawan dengan cara melakukan pelatihan pramuniaga agar melayani konsumen dengan baik dan cepat merespon kemauan dari konsumen.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keragaman Produk, Pelayanan, Citra Perusahaan.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 18 Dec 2011 20:44
    Last Modified: 18 Dec 2011 20:45

    Actions (login required)

    View Item