Pengaruh Kemampuan Pengurus, Kualitas Pelayanan, dan Partisipasi Anggota Terhadap Pertumbuhan SHU anggota KUD Subur Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2009.

Ulfatul Istofiah, 7101406636 (2009) Pengaruh Kemampuan Pengurus, Kualitas Pelayanan, dan Partisipasi Anggota Terhadap Pertumbuhan SHU anggota KUD Subur Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Istofiyah, Ulfatul. 2010. Pengaruh Kemampuan Pengurus, Kualitas Pelayanan, dan Partisipasi Anggota Terhadap Pertumbuhan SHU anggota KUD Subur Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2009. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Drs. FX. Sukardi, Pembimbing II : Prof. Dr. Rusdarti, M.Si Kata Kunci : Kemampuan Pengurus, Kualitas Pelayanan, Partisipasi Anggota, Pertumbuhan SHU Anggota Setiap koperasi menginginkan agar pertumbuhan SHU anggota koperasi tersebut meningkat. Untuk mewujudkan harapan tersebut membutuhkan peran dari berbagai pihak, salah satunya adalah pengurus. Kemampuan pengurus sangat penting peranannya dalam menjalankan koperasi. Begitu juga dengan kualitas pelayanan koperasi kepada anggota, kualitas pelayanan haruslah baik untuk mencapai kepuasan pelanggan. Selain itu, anggota koperasi juga harus berpartisipasi aktif dalam koperasi. Dengan adanya kemampuan pengurus yang baik, kualitas pelayanan yang optimal, serta partisipasi aktif dari anggota maka diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan Sisa Hasil Usaha (SHU) anggota koperasi. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan pengurus, kualitas pelayanan, partisipasi anggota, dan pertumbuhan SHU anggota koperasi yang ada pada Koperasi Unit Desa (KUD) Subur Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun 2009 ? (2) Adakah pengaruh kemampuan pengurus, kualitas pelayanan, dan partisipasi anggota terhadap pertumbuhan SHU anggota baik secara simultan maupun secara parsial pada Koperasi Unit Desa (KUD) Subur Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun 2009?(3) Seberapa besar pengaruh pengaruh kemampuan pengurus, kualitas pelayanan, dan partisipasi anggota terhadap pertumbuhan SHU anggota baik secara simultan maupun secara parsial pada Koperasi Unit Desa (KUD) Subur Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun 2009? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota KUD Subur tahun 2009 yaitu 1918 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik area probability random sampling sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan pengurus (X1), kualitas pelayanan (X2), dan partisipasi anggota (X3). Sedangkan variabel terikatnya adalah pertumbuhan SHU anggota (Y). Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriprif persentase dan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 16 for windows. Berdasarkan hasil analisis deskriptif persentase diperoleh persentase rata-rata 62,17% untuk kemampuan pengurus dengan kriteria kurang baik, 69,93% untuk kualitas pelayanan dengan kriteria baik, 53,90% untuk partisipasi anggota dengan kriteria rendah, dan 54,58% untuk pertumbuhan SHU anggota dengan kriteria rendah. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis besarnya pengaruh kemampuan pengurus, kualitas pelayanan, dan partisipasi anggota terhadap pertumbuhan SHU anggota KUD Subur Kecamatan Gunungpati Kota Semarang secara simultan adalah 40,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Adapun secara parsial, besarnya pengaruh kemampuan pengurus terhadap pertumbuhan SHU anggota adalah 4,71%, kualitas pelayanan terhadap pertumbuhan SHU anggota adalah 8,76%, dan partisipasi anggota terhadap pertumbuhan SHU anggota adalah 10,76%. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi bagi anggota dan pengurus KUD Subur Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Agar pertumbuhan SHU anggota dapat meningkat, hendaknya pengurus koperasi terus meningkatkan kemampuaanya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan dalam bidang administrasi seperti pelatihan komputerisasi maupun pelatihan dalam pembukuan koperasi serta harus mengetahui informasi-informasi tentang koperasi dan kiat-kiat dalam mensukseskan sebuah koperasi. Kualitas pelayanan juga harus terus ditingkatkan agar tidak kalah dengan pesaing. Dan untuk partisipasi anggota, hendaknya ditingkatkan melalui pemberian rangsangan-rangsangan intensif maupun kontributif kepada anggota.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pengurus, Kualitas Pelayanan, Partisipasi Anggota, Pertumbuhan SHU Anggota
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 3264 not found.
Date Deposited: 18 Dec 2011 18:27
Last Modified: 18 Dec 2011 18:27

Actions (login required)

View Item