Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan pada PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Kebun Kopi Jollong Pati

Debora Fetty Apriliana, 7250306008 (2011) Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan pada PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Kebun Kopi Jollong Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan pada PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Kebun Kopi Jollong Pati) - Published Version
Download (24Kb)

    Abstract

    Debora Fetty Apriliana.2010. Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan pada PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Kebun Kopi Jollong Pati.. Tugas Akhir Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Penggajian dan Pengupahan. PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Kebun Kopi Jollong Pati merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia dengan status BUMN. Perusahaan ini bergerak di bidang pengolahan hasil perkebunan kopi. Sistem akuntansi penggajian dan pengupahan memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan ataupun badan usaha. Dalam melakukan kegiatan PTP. Nusantara IX Kebun Kopi Jollong perlu menggunakan sistem akuntansi penggajian dan pengupahan yang baik agar tidak terjadi penyelewengan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah fungsi apa saja yang terkait, dokumen apa saja yang digunakan, catatan akuntansi apa saja yang digunakan, bagaimana jaringan prosedurnya, bagaimana unsur pengendalian internnya, bagaimana bagan alirnya. Sedangkan tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu ingin mengetahui fungsi apa saja yang terkait, ingin mengetahui dokumen apa saja yang digunakan, ingin mengetahui catatan akuntansi apa saja yang digunakan, ingin mengetahui jaringan prosedur yang digunakan, ingin mengetahui unsur pengendalian yang digunakan, ingin mengetahui bagan alir yang digunakan. Pengumpulan data dalam Tugas Akhir ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dengan 3 metode tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif. Dari data analisis kemudian membandingkan antara teori dan fakta yang terjadi yaitu tentang sistem akuntansi penggajian dan pengupahan. PT. Perkebunan Nusantara IX Kebun Kopi Jollong Pati, sistem akuntansi penggajian dan pengupahannya terjadi perangkapan tugas antara bagian pembuat daftar gaji dan upah dengan juru bayar, hal ini dapat membuka peluang terjadinya kekeliruan atau penyalahgunaan, karena jumlah buruh musiman pada perusahaan ini tidak menentu sesuai dengan banyak tidaknya hasil kebun yang akan dipanen dan diolah. Saran yang diberikan pada PT.PN IX agar tidak terjadi penyimpangan atau kekeliruan sebaiknya terdapat pemisahan fungsi antara bagian pembuat daftar gaji dengan juru bayar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Penggajian dan Pengupahan
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Users 3313 not found.
    Date Deposited: 14 Dec 2011 02:21
    Last Modified: 14 Dec 2011 02:21

    Actions (login required)

    View Item