Pengaruh Biaya Kualitas dan Biaya Produksi terhadap Produk Cacat pada PT. Nyonya Meneer Semarang Tahun 2007-2009.

Susilowati , 7250406607 (2011) Pengaruh Biaya Kualitas dan Biaya Produksi terhadap Produk Cacat pada PT. Nyonya Meneer Semarang Tahun 2007-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Biaya Kualitas dan Biaya Produksi terhadap Produk Cacat pada PT. Nyonya Meneer Semarang Tahun 2007-2009.) - Submitted Version
Download (708Kb)

    Abstract

    Makna mutu atau kualitas suatu produk erat kaitannya dengan tingkat kesempurnaan, kesesuaian dengan kebutuhan, bebas dari cacat. Kesempurnaan suatu produk atau menjalankan fungsi seperti yang dimaksudkan dalam jangka waktu tertentu. Kualitas kesesuaian adalah ukuran mengenai apakah sebuah produk telah memenuhi spesifikasinya atau tidak. Produk disebut cacat apabila produk tersebut tidak aman dalam penggunaannya, tidak memenuhi syarat-syarat tertentu sebagaimana yang diharapkan orang dengan mempertimbangkan berbagai keadaan, terutama tentang penampilan produk, kegunaan yang seharusnya diharapkan dari produk serta saat produk diedarkan. Produk tidak cacat apabila saat lain pada produk telah beredar, dihasilkan pula produk (bersamaan) yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan dengan rumusan masalah pengaruh biaya kualitas dan biaya produksi terhadap produk cacat, dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh biaya kualitas dan biaya produksi terhadap produk cacat. Penelitian ini dilakukan di PT. Nyonya Meneer Semarang sebagai obyek penelitian. Pelaporan nantinya akan meninjau laporan biaya kualitas dan laporan produksinya, Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi terhadap data sekunder, kemudian untuk mengetahui pengaruh biaya kualitas dan biaya produksi terhadap produk cacat. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik regresi berganda. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diambil dengan teknik dokumentasi. Metode pengujian penelitian ini melalui analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 15.0. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial variabel Biaya Kualitas tidak mempengaruhi Produk Cacat ini dibuktikan dengan nilai signifikansi (0,058 > 0,05). Variabel Biaya Produksi tidak mempengaruhi Produk Cacat ini dibuktikan dengan nilai signifikansi (0,150 > 0,05). Pengujian secara simultan menunjukkan kedua variabel tidak mempengaruhi Produk Cacat ini dibuktikan dengan nilai signifikansi (0,058 > 0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Biaya Kualitas, Biaya Produksi tidak berpengaruh terhadap produk cacat. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu : penulis berharap hendaknya perusahaan selalu mengetahui Produk yang dihasilkan oleh mesin hasilnya bervariasi, antara lain produk cacat dan non cacat. Mencegah produk cacat yang fluktuatif kuantitasnya, perlu dilakukan peremajaan mesin sesuai umur ekonomis dari mesin tersebut.Faktor lain yang harus dipertimbangkan adalah faktor kualitas bahan baku karena pengaruh lingkungan dalam penentuan pengaruh variabel biaya produksi terhadap produk cacat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Biaya Kualitas, Biaya Produksi, Produk Cacat
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 13 Dec 2011 00:40
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:11

    Actions (login required)

    View Item