PERAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BAGIAN UMUM KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SEMARANG

Monica Aris Indriati , 7351307031 (2011) PERAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BAGIAN UMUM KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
PDF ( PERAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BAGIAN UMUM KANTOR SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (55Kb)

    Abstract

    Monica Aris Indriati, 2010. Peran Komunikasi terhadap kinerja pegawai pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang. Manajemen Perkantoran D3. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Peran Komunikasi, Kinerja Pegawai Komunikasi mempunyai peran penting dalam kehidupan berorganisasi. Dengan adanya komunikasi yang baik, akan tercipta suatu hubungan dan suasana kerja yang sehat, harmonis dan nyaman baik di lingkungan organisasi tersebut maupun di luar organisasi. Berdasarkan Latar Belakang di atas, penulis mengutarakan beberapa permasalahan yang ada, yaitu : (1) Bagaimana peran komunikasi terhadap kinerja pegawai pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang?, (2) Kendala-kendala apa saja yang dialami pegawai pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang dalam melakukan kegiatan komunikasi?. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai penulis dalam penelitian ini, diantaranya : (1) Untuk menjelaskan peran komunikasi terhadap kinerja pegawai pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang, (2) Untuk menjelaskan kendala-kendala yang di alami pegawai pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang dalam melakukan kegiatan komunikasi. Penelitian ini dilakukan di Bagian Umum pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah metode Observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh, bahwa peran komunikasi pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang adalah untuk menjaga motivasi pegawai, peran komunikasi juga dapat menjalin kerja sama yang baik di dalam organisasi. Kendala yang dihadapi dalam kegiatan komunikasi pada instansi ini adalah kendala komunikasi yang bersifat langsung dan tidak langsung. Namun, secara umum yang sering terjadi adalah kendala yang bersifat tidak langsung, yaitu terjadinya kerusakan pesawat telepon, dan lemahnya jaringan internet yang dapat berakibat mengganggu kelancaran kerja para pegawai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran komunikasi terhadap kinerja pegawai pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang sudah baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil kinerja pegawai yang sudah optimal, hasil pekerjaan yang dikerjakan pegawai sesuai dengan perintah, dan juga penyelesaiannya tepat waktu.Untuk itu, Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang hendaknya mempertahankan komunikasi yang sudah baik dan juga mampu meminimalkan terjadinya kendala-kendala komunikasi yang dapat mempengaruhi kinerja para pegawai menjadi tidak optimal sehingga peran komunikasi terhadap kinerja pegawai pada instansi ini dapat menjadi semakin baik .

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Peran Komunikasi, Kinerja Pegawai
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
    Depositing User: Users 3261 not found.
    Date Deposited: 14 Dec 2011 21:15
    Last Modified: 14 Dec 2011 21:15

    Available Versions of this Item

    Actions (login required)

    View Item