Kinerja Guru Ekonomi dalam Pembelajaran di SMA Negeri se-Kabupaten Semarang

Riyani Wulan Wahyuningsih , 7101406077 (2011) Kinerja Guru Ekonomi dalam Pembelajaran di SMA Negeri se-Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Kinerja Guru Ekonomi dalam Pembelajaran di SMA Negeri se-Kabupaten Semarang) - Published Version
Download (12Mb)

    Abstract

    Pembelajaran ekonomi adalah proses kegiatan yang dilaksanakan guru untuk membantu siswa dalam melaksanakan proses belajar mata pelajaran ekonomi. Guru harus memiliki dan mengembangkan berbagai kompetensi sebagai guru yang profesional dan memiliki kinerja yang tinggi agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar yang diperoleh siswa digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa, menentukan kelulusan dan juga sebagai umpan balik guru tentang pembelajaran. Dilihat dari nilai UAN Ekonomi tahun ajaran 2008/2009, Kabupaten Semarang mendapatkan nilai terendah yaitu 6,64 dibandingkan dengan Kabupaten Pemalang yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu 7,66. Apabila taraf penguasaan yang ditentukan tidak tercapai maka kesalahan ditimpakan pada tenaga pengajar bukan siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja guru Ekonomi dalam pembelajaran di SMA Negeri se- Kabupaten Semarang. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru Ekonomi dalam pembelajaran di SMA Negeri se-Kabupaten Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Semarang yang berjumlah 11 SMA. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan adalah guru ekonomi SMA Negeri se-Kabupaten Semarang. Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa kinerja guru ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Semarang dalam pembelajaran meliputi perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran. Kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran dapat dilihat dari RPP yang dibuat oleh guru SMA Negeri se-Kabupaten Semarang karena RPP telah mencakup tujuan pembelajaran, bahan pelajaran dan sumber belajar, media pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Saat membuat RPP maka guru telah melakukan perencanaan pembelajaran dengan baik, tetapi dalam menyusun RPP masih terdapat beberapa kekurangan terutama dalam hal alokasi waktu, sumber belajar, dan penilaian. Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran sudah terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari metode dan media yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Kinerja guru dalam evaluasi pembelajaran dapat berjalan dengan baik karena setelah mengadakan evaluasi, guru melakukan tindak lanjut tetapi guru masih mengalami kendala dalam pelaksanaan tindak lanjut karena alokasi waktu yang masih kurang. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah 1) dalam perencanaan pembelajaran, guru mempersiapkan perencanaan dengan lebih baik lagi terutama dalam penyusunan RPP. Penentuan alokasi waktu harus disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. 2) dalam menggunakan metode pembelajaran, guru lebih memvariaskannya. Bukan hanya ceramah, diskusi, atau tanya jawab saja, tetapi juga variasi metode inovatif yang lain seperti talking stick, atau TGT. Untuk penggunaan media yang terkendala sarana dan prasarana sekolah yang tidak mendukung, hendaknya sekolah menambah jumlah kapasitas sarana dan prasarana yang ada sehingga tidak menghambat proses pembelajaran. 3) dalam evaluasi pembelajaran, ada beberapa guru yang tidak melaksanakan pengayaan karena terkendala alokasi waktu. Guru hendaknya melakukan manajemen waktu yang lebih baik agar pengayaan bagi siswa yang telah memenuhi KKM yang dilaksanakan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Pembelajaran.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 12 Dec 2011 20:03
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:08

    Actions (login required)

    View Item