Peran serta Orang Tua/ Wali dalam Pendidikan Anak Keluarga TKI Kabupaten Kendal (Kasus di Desa Ngasinan, Kecamatan Weleri dan Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kota Kendal)

Tsani Nurkha Laila , 3201407063 (2011) Peran serta Orang Tua/ Wali dalam Pendidikan Anak Keluarga TKI Kabupaten Kendal (Kasus di Desa Ngasinan, Kecamatan Weleri dan Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kota Kendal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peran serta Orang Tua/ Wali dalam Pendidikan Anak Keluarga TKI Kabupaten Kendal (Kasus di Desa Ngasinan, Kecamatan Weleri dan Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kota Kendal).) - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Orang tua mempunyai peranan pertama dan utama bagi anak-anaknya selama anak belum dewasa dan mampu berdiri sendiri. Pendidikan anak-anak TKI yang ditinggal orang tua mereka diluar negeri menjadi tanggung jawab orang tua/ wali. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran serta TKI dan orang tua/ wali dalam pendidikan anak keluarga TKI?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran serta TKI dan orang tua/ wali terhadap pendidikan anak keluarga TKI Kabupaten Kendal (Kasus di Desa Ngasinan, Kecamatan Weleri dan Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kota Kendal). Populasi dalam penelitian ini adalah semua warga Desa Ngasinan dan Kelurahan Ketapang yang menjadi orang tua/ wali anak keluarga TKI yaitu berjumlah 32 orang. Pada penelitian ini menggunakan penelitian populasi sehingga responden penelitian adalah 32 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah karakteristik TKI dan orang tua/ wali serta peran serta TKI serta orang tua/ wali dalam pendidikan anak TKI. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif persentase dengan skoring. Hasil dari penelitian ini adalah persentase peran serta TKI dalam menunjang pendidikan anak adalah 68,39% yang berada pada kriteria tinggi. Peran serta TKI ini dilihat melalui komunikasi yang terjalin antara TKI dan keluarga serta anak dan remitan yang dikirim TKI. Persentase kondisi demografi dan kondisi sosial-ekonomi orang tua/ wali yaitu 65,34% berada pada kriteria tinggi yang berarti kondisi demografi dan sosial ekonomi orang tua wali sudah mencukupi untuk kebutuhan keluarga maupun kebutuhan pendidikan keluarga serta anak TKI. Persentase peran serta orang tua/ wali dalam pendidikan anak keluarga TKI adalah 76,65% yang berada pada kriteria tinggi. Hasil persentase ini menunjukkan bahwa anak TKI mendapat perlakuan, perhatian serta kasih sayang yang bagus dari orang tua wali dalam pendidikan anak tersebut. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa peran serta TKI dan orang tua/ wali dalam pendidikan anak TKI berada pada kriteria tinggi. Hal ini berarti tidak ada anak TKI yang terlantar di Kabupaten Kendal. Saran dalam penelitian ini adalah Bagi pemerintah terkait dengan TKI, sebaiknya ada aturan khusus yang mengatur pembatasan usia minimal anak boleh ditinggal orang tua bekerja di luar negeri.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Peran serta Orang Tua/ Wali, Pendidikan Anak TKI
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 12 Dec 2011 19:58
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:08

    Actions (login required)

    View Item