Efektifitas Pemberdayaan Pemuda Pengangguran dalam Pelatihan Peranakan Etawa (Studi Empiris di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Batang)

Kusiman, 1201406023 (2010) Efektifitas Pemberdayaan Pemuda Pengangguran dalam Pelatihan Peranakan Etawa (Studi Empiris di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Batang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kusiman. 2010. Efektifitas Pemberdayaan Pemuda Pengangguran dalam Pelatihan Peranakan Etawa (Studi Empiris di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Batang). Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah , Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Drs. Khomsun Nurhalim, M.Pd, Pembimbing II Sungkowo Edy Mulyono, S.Pd, M, Si. Kata kunci : Efektifitas, Pemberdayaan Pemuda Pengangguran, Pelatihan Peranakan Etawa. Penelitian ini bermaksud mengetahui efektifitas pemberdayaan pemuda pengangguran dalam pelatihan peranakan etawa di SKB Kabupaten Batang. Hal ini didasari bahwa pengangguran di Indonesia terus meningkat, kurangnya lapangan pekerjaan, serta kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh masyarakat. Untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Batang diperlukan pelatihan yang dapat menciptakan lapangan pekerja baru bagi masyarakat sekitar. Permasalahan dalam penelitian: 1) seberapa besar efektifitas pemberdayaan pemuda pengangguran dalam pelatihan peranakan etawa, 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan pemuda pengangguran dalam pelatihan peranakan etawa di SKB Kabupaten Batang. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui seberapa besar efektifitas pemberdayaan pemuda pengangguran dalam pelatihan peranakan etawa, 2) mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat dari pemberdayaan pemuda pengangguran dalam pelatihan peranakan etawa di SKB Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi dan analisis deskriptif persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan warga belajar yang mengikuti pelatihan peranakan etwa yang berjumlah 20 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa efektifitas pelatihan menunjukan persentase 86% yang termasuk dalam kategori sangat efektif dengan perolehan yang meliputi; proses perencanaan pelatihan sebesar 86% yang termasuk dalam kategori sangat efektif, proses pelaksanan pelatihan sebesar 81% yang termasuk dalam kategori efektif, dan proses evaluasi pelatihan sebesar 90% yang termasuk dalam kategori sangat efektif. Faktor pendukung dalam pelatihan adalah minat warga belajar yang antusias, dukungan dana, tersedianya SDA, kesesuaian materi, keaktifan warga belajar, dan sarana prasarana pelatihan. Faktor penghambat yaitu waktu pelatihan yang singkat, kurangnya tenaga penyelenggara pelatihan, instruktur pelatihan yang belum kompeten, dan tidak adanya modul yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pada pelatihan peranakan etawa berjalan sangat efektif. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: 1) pada proses pelatihan selanjutnya perlu penambahan jumlah peserta pelatihan dan penambahan waktu pelatihan, 2) penyelenggara pelatihan diharapkan agar dalam pelatihan memberikan modul kepada peserta pelatihan, 3) hendaknya penyelenggara pelatihan memberikan modal pembiayaan kepada warga belajar setelah pelatihan selesai agar warga belajar dapat mempraktekan untuk berternak peranakan etawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Pemberdayaan Pemuda Pengangguran, Pelatihan Peranakan Etawa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 3264 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2011 19:24
Last Modified: 11 Dec 2011 19:24

Actions (login required)

View Item