Peran Kepemimpinan dalam meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tangah

Sani Yuda Prasetyo, 7351307026 (2010) Peran Kepemimpinan dalam meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tangah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peran Kepemimpinan dalam meningkatkan Motivasi Kerja Pegawai pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tangah) - Published Version
Download (319Kb)

    Abstract

    Keberhasilan atau kegagalan suatu Instansi Pemerintahan ditentukan oleh peran seorang pemimpin didalam bersikap dan bertindak dalam menjalankan tugas atau kewajibannya. Peran bersikap dan bertindak tersebut akan nampak dari cara memberikan perintah, memberikan tugas, cara berkomunikasi, membuat keputusan serta cara mendorong semangat bawahannya dan memberikan motivasi. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian adalah : (1) Bagaimana peran kepemimpinan dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah? (2) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi pemimpin dalam memberikan motivasi kerja pegawai pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah? Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana peran kepemimpinan dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, (2) Untuk mengetahui kendalakendala apa saja yang dihadapi pimpinan dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah. Dalam penulisan Tugas Akhit ini penulis menggunakan metode analisis data deskriptif persentase data yang diperoleh dari hasil pembagian angket kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui gambaran dari kondisi variabel yang diteliti dari hasil survei lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Peran kepemimpinan dalam meningkatkan motivasi kerja pegawai sudah baik, pemimpin mampu dalam menjalankan tugasnya dengan baik dan penghargaan atas prestasi kerja sudah berjalan dengan lancar sehingga motivasi kerja pegawaipun akan meningkat dengan adanya fasilitas-fasilitas yang ada di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah. (2) Kendala-kendala yang dihadapi pemimpin adalah mengenai keinginan pegawai yang berbeda-beda dengan karakter yang berbeda pula sehingga menyulitkan pimpinan dalam memenuhi semua apa yang diinginkan pegawai dan kurang tegas dalam memberikan hukuman atau sanksi terhadap pegawai yang yang kurang disiplin terhadap jam kerja. Dari hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa 93% peran pemimpin sudah baik karena mampu mengorganisir bawahannya secara baik dan 79,5% pegawai sudah merasa puas karena pemimpin sudah memberikan penghargaan kepada pegawainya yang berprestasi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan dan Motivasi
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, D3
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 06 Dec 2011 20:14
    Last Modified: 25 Apr 2015 04:01

    Actions (login required)

    View Item