Penciptaan Lingkungan yang Kondusif dalam PBM Mata Pelajaran Geografi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menjawab Pertanyaan Guru di Kelas X1 SMA Negeri 1 Wonosobo Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2009/2010"

Andri Heru Priambodo, 3201406508 (2011) Penciptaan Lingkungan yang Kondusif dalam PBM Mata Pelajaran Geografi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menjawab Pertanyaan Guru di Kelas X1 SMA Negeri 1 Wonosobo Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2009/2010". Under Graduates thesis, UNNES.

[img]
Preview
PDF (Penciptaan Lingkungan yang Kondusif dalam PBM Mata Pelajaran Geografi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menjawab Pertanyaan Guru di Kelas X1 SMA Negeri 1 Wonosobo Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2009/2010") - Published Version
Download (22Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Andri Heru Priambodo, 3201406508, Pendidikan Geografi, " Penciptaan Lingkungan yang Kondusif dalam PBM Mata Pelajaran Geografi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menjawab Pertanyaan Guru di Kelas X1 SMA Negeri 1 Wonosobo Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2009/2010", 73 halaman, 5 bab, 12 lampiran, 13 tabel. Kata Kunci : Lingkungan Kondusif, Kemampuan Siswa Sebagai guru yang profesional, guru harus mampu mengelola kegiatan belajar dengan efektif. Kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif apabila siswa aktif dan mau menjawab semua pertanyaan guru. Pada kenyataannya, siswa enggan atau tidak mau menjawab pertanyaan guru yang diberikan secara klasikal. Apakah dengan peningkatan lingkungan yang kondusif dalam PBM itu akan meningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru? Hal seperti itulah yang melatarbelakangi dan permasalahan penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru yang diberikan secara klasikal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan PTK menggunakan model proses. Prosedur PTK adalah penetapan Fokus Permasalahan, Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan yang dibarengi Observasi dan Interprestasi, Analisis, dan Refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas X1 SMA Negeri 1 Wonosobo Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2009/2010. Lama penelitian tiga bulan. Hasil PTK dapat diketahui bahwa penciptaan lingkungan yang kondusif dalam PBM melalui kegiatan pemberian motivasi, keterampilan bertanya, kepribadian guru, dan hubungan sosial guru siswa yang harmonis dapat meningkatkan respons siswa dalam menjawab pertanyaan guru. Usaha dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa menjawab pertanyaan guru disarankan kepada para guru untuk dapat menciptakan lingkungan yang kondusif dalam PBM agar siswa merasa nyaman dalam belajar sehingga siswa bergairah dan aktif dalam mengikuti PBM.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Lingkungan Kondusif, Kemampuan Siswa
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: Users 3259 not found.
    Date Deposited: 06 Dec 2011 19:34
    Last Modified: 06 Dec 2011 19:34

    Actions (login required)

    View Item