Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Varibel Intervening Di Wisata Kuliner Malam Galabo Solo

Isnaini Nurul Himawati, 7350406545 (2011) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Varibel Intervening Di Wisata Kuliner Malam Galabo Solo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Himawati, Isnaini Nurul. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Varibel Intervening Di Wisata Kuliner Malam Galabo Solo. Skripsi. Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. 88 hal. Dosen Pembimbing I, Dra. Murwatiningsih, MM. Dosen Pembimbing II, Dwi Cahyaningdyah, SE, M.Si. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Lokasi, Kepuasan pelanggan, Loyalitas Konsumen Industri jasa yang mempunyai tujuan utama yaitu memberikan kepuasan kepada konsumen melalui peningkatan pelayanan adalah salah satu bisnis yang mengalami perkembangan cukup pesat. Bisnis jasa dibidang kuliner merupakan salah satu bisnis yang mempunyai prospek potensial untuk dikembangkan, hal ini tercermin dari tingkat permintaan yang relatif lebih besar dibandingkan tingkat penawarannya. Galabo Solo dalam menawarkan jasanya dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan dan lokasi untuk mempengaruhi kepuasan pelanggan sehingga dengan kepuasan tersebut Galabo mendapatkan loyalitas para konsumen. Tetapi pada kenyataannya Galabo Solo tidak mengalami peningkatan jumlah konsumen melainkan mengalami fluktuasi jumlah konsumen. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening baik secara langsung maupun tidak langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi secara langsung maupun tidak langsung terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Galabo Solo. Pengambilan sampel menggunakan tehnik accidental sampling artinya responden yang dijumpai saat membeli jasa kuliner dan dianggap layak. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan iterasi dan diperoleh sampel sebanyak 103 orang. Metode pengambilan data menggunakan angket/kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara positif dan signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung variabel kualitas pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening di Wisata Kuliner Malam Galabo Solo. Hasil analisis jalur yang pertama diperoleh persamaan P = 1,644 + 0,354X1 + 0,084X2 + 0,443 dan yang kedua diperoleh Y = 1,877 + 0,227X1+ 0,089X2 + 0,365P + 0,407. Simpulan dari penelitian ini adalah Ada pengaruh secara langsung maupun tidak langsung variabel kualitas pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening Galabo Solo. Saran bagi pihak Galabo Solo sebaiknya Galabo terus meningkatkan kegiatan promosi dengan cara menggunakan gambar-gambar melalui baliho, pamflet dan promosi melalui internet dikembangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Lokasi, Kepuasan pelanggan, Loyalitas Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: ragil setiawan fisika
Date Deposited: 02 Dec 2011 20:33
Last Modified: 02 Dec 2011 20:33

Actions (login required)

View Item