Pengaruh Promosi, Harga dan Keunggulan Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Produk Honda Vario PT. Prima Zirang Utama di Semarang)

Sri Meilina Sari, 3352405507 (2011) Pengaruh Promosi, Harga dan Keunggulan Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Produk Honda Vario PT. Prima Zirang Utama di Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Sri Meilina Sari. 2011. Pengaruh Promosi, Harga dan Keunggulan Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Produk Honda Vario PT. Prima Zirang Utama di Semarang). Skipsi Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci: Promosi, Harga, Keunggulan Produk, Kinerja Pemasaran Kinerja pemasaran dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah promosi, harga dan keunggulan produk. Ketiganya mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah promosi, harga dan keunggulan produk mempunyai pengaruh terhadap kinerja pemasaran baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, harga dan keunggulan produk terhadap kinerja pemasaran baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Honda Vario PT. Prima Zirang Utama, kemudian dengan rumus slovin diperoleh sampel sebanyak 93 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi, analisis regresi berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 3,664 + 0,211X1 + 0,160 X2+ 0,689X3 untuk variabel promosi (X1) diperoleh hasil nilai thitung =4,508, dengansighitung=0,000 jadi H1 diterima, yang berarti promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran. Variabel harga (X2) diperoleh hasil nilai thitung =2,896, dengan sighitung =0,000 jadi H2 diterima, yang berarti harga berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.variabel keunggulan produk (X3) diperoleh nilai thitung =7,517, dengan sighitung=0,000 jadi H3 diterima, yang berarti keunggulan produk berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran. Secara simultan diperoleh nilai Fhitung = 48,536, dengan sig = 0,000 jadi H4 diterima, yang berarti promosi, harga, dan keunggulan produk berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Nilai R2 = 60,8%. r2promosi = 18,58%, harga = 8,58%, keunggulan produk = 38,81%. Simpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan variable promosi, harga dan keunggulan produk terhadap kinerja pemasaran pada produk Honda Vario PT. Prima Zirang Utama.Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah sebaiknya PT. Prima Zirang Utama memberikan potongan harga kepada konsumen yang membeli secara tunai, memperpanjang waktu pembayaran cicilan dan menyediakan pilihan desain, model, warna yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Harga, Keunggulan Produk, Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: ragil setiawan fisika
Date Deposited: 02 Dec 2011 20:35
Last Modified: 02 Dec 2011 20:35

Actions (login required)

View Item