Komparasi Hasil Belajar Siswa antara Pembelajaran dengan Media Compact Disk (CD) Interactive dan Pembelajaran tanpa Media di SMP Islam Sudirman Sumowono

Siti Rukayah, 3201406544 (2011) Komparasi Hasil Belajar Siswa antara Pembelajaran dengan Media Compact Disk (CD) Interactive dan Pembelajaran tanpa Media di SMP Islam Sudirman Sumowono. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Siti Rukayah. 2010. Komparasi Hasil Belajar Siswa antara Pembelajaran dengan Media Compact Disk (CD) Interactive dan Pembelajaran tanpa Media di SMP Islam Sudirman Sumowono. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. R. Sugiyanto, S.U, Pembimbing II. Drs. Sriyono, M.Si. Kata Kunci: Perbedaan, Hasil Belajar, Media CD Interactive. Kreativitas guru dalam pembelajaran sangat diperlukan dalam menciptakan suasana kelas yang dapat mengaktifkan siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam pembelajaran adalah dengan menerapkan media CD Interactive. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran dengan media CD Interactive dan pembelajaran tanpa media. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran dengan media CD Interactive dan pembelajaran tanpa media. Dengan hipotesis penelitian “Ada perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran dengan media CD Interactive dan pembelajaran tanpa media di SMP Islam Sudirman Sumowono.” Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa di SMP Islam Sudirman Sumowono. Sebagai sampel diambil dua kelas, yaitu kelas VII C sebagai kelas pembelajaran dengan media CD Interactive dan kelas VII D sebagai kelas pembelajaran tanpa media. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel yaitu variabel x yang berupa hasil belajar siswa pembelajaran dengan media CD Interactive dan variabel y yang berupa hasil belajar siswa pembelajaran tanpa media. Alat pengumpul data menggunakan metode dokumen dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik parametrik yaitu uji t. Dalam penelitian ini dapat dijelaskan bahwa hasil belajar pada pembelajaran dengan media CD Interactive nilai tertinggi yang diperoleh yaitu 93,00 dan nilai terendah 60,00 dengan rata-rata kelas 74,73. Sedangkan pada pembelajaran tanpa media nilai tertinggi yang diperoleh yaitu 87,00 dan nilai terendah 53,00 dengan rata-rata kelas 68,68. Komparasi hasil belajar siswa ini dapat diketahui dari uji t yang menghasilkan thitung > t tabel yaitu 2,46 > 1,99 dengan dk = 67 yang berarti bahwa Ada perbedaan hasil belajar antara pembelajaran dengan media CD Interactive dan pembelajaran tanpa media. Hasil belajar siswa pembelajaran dengan media CD Interactive lebih baik daripada hasil belajar siswa pembelajaran tanpa media. Jadi hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan simpulan yaitu: Hasil belajar siswa pembelajaran dengan media CD Interactive lebih baik bila dibandingkan dengan hasil belajar siswa pembelajaran tanpa media. Oleh karena itu, maka perlu dipertimbangkan bagi guru dan sekolah untuk menggunakan media pembelajaran yang bervariasi salah satunya dengan media CD Interactive sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, guru dan siswa juga diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik didalam kelas sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan, Hasil Belajar, Media CD Interactive
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 3313 not found.
Date Deposited: 02 Dec 2011 20:36
Last Modified: 02 Dec 2011 20:36

Actions (login required)

View Item