“Pengaruh Profitabilitas, Opini Audit, Stuktur Kepemilikan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan”

Pratiwi Setiyo Ningsih , 3351405561 (2011) “Pengaruh Profitabilitas, Opini Audit, Stuktur Kepemilikan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (“Pengaruh Profitabilitas, Opini Audit, Stuktur Kepemilikan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan”) - Submitted Version
Download (625Kb)

    Abstract

    Ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh pemakai laporan keuangan yang digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Peraturan Bapepam dan LK mengenai penyampaian laporan keuangan yang terbaru yaitu Nomor: KEP- 460/BL/2008 juga menyebutkan bahwa laporan keuangan tahunan harus disertai dengan laporan akuntan dengan pendapat yang lazim dan disampaikan kepada Bapepam selambat-lambatnya pada akhir bulan ketiga setelah tanggal laporan tahunan. Meskipun telah ada aturan yang jelas mengenai masalah ketepatan waktu pelaporan keuangan, namun masih terdapat perusahaan yang belum melakukan pelaporan keuangannya secara tepat waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, opini audit, struktur kepemilikan dan ukuran perusahaan terhadap ketepatan waktu penyajian laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling yaitu sejumlah 60 perusahaan sesuai dengan rumus dari Taro Yamane dengan tingkat presisi 10%. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil uji regresi logistik menunjukkan bahwa pada tingkat alpha 0,05, variabel profitabilitas mempunyai tingkat signifikansi 0,609>0,05 dan struktur kepemilikan dengan tingkat signifikansi 0,332>0,05 yang berarti kedua variabel tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. Opini audit mempunyai tingkat signifikansi 0,015<0,05 dan ukuran perusahaan dengan tingkat signifikansi 0,03<0,05 dapat diartikan bahwa kedua variabel signifikan mempengaruhi ketepatan waktu pelaporan keuangan. Simpulan dari penelitian ini adalah variabel profitabilitas dan struktur kepemilikan tidak signifikan berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan, sedangkan pada variabel opini audit dan ukuran perusahaan signifikan berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. Pengujian variabel profitabilitas dan struktur kepemilikan yang tidak signifikan dalam penelitian ini, memberi masukan bagi penelitian berikutnya agar menggunakan proksi yang lain pada variabel yang sama agar hasil yang diperoleh dapat lebih baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Opini Audit, Stuktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan dan Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 05 Dec 2011 01:17
    Last Modified: 25 Apr 2015 03:52

    Actions (login required)

    View Item