Pengaruh Kesiapan dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.

Nur Indah Rahmattika , 7101406136 (2011) Pengaruh Kesiapan dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Kesiapan dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2009/2010.) - Submitted Version
Download (967Kb)

    Abstract

    Salah satu indikator berhasil tidaknya proses belajar mengajar dapat dilihat dari tinggi rendahnya prestasi belajar siswa yang dapat dilihat melalui proses pembelajaran yang mengakibatkan suatu perubahan perilaku siswa yang dapat mendorong siswa untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh kesiapan dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 5 Tegal tahun pelajaran 2009/2010 baik secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA Negeri 5 Tegal dengan jumlah siswa sebanyak 135 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik propotionate random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh pelaksanaan kesiapan belajar termasuk dalam kategori cukup siap dengan persentase 65,15%, pelaksanaan disiplin belajar dalam kategori cukup disiplin dengan persentase 63,39%, sedangkan untuk prestasi belajar siswa dalam kategori cukup baik dengan persentase 68,03%. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 49,256 + 0,212 X1 + 0,142 X2, yang berarti bahwa kesiapan dan disiplin belajar memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 5 Tegal tahun pelajaran 2009/2010. Dari hasil pengujian secara parsial diperoleh thitung pada taraf signifikansi 5% untuk masing-masing variabel sebesar 5,306 untuk kesiapan belajar, untuk disiplin belajar sebesar 2,315 dan untuk ttabel sebesar 1,662 yang berarti bahwa Ha diterima. Sedangkan dari hasil pengujian secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 18,791 dan besarnya Ftabel adalah 3,09 yang berarti bahwa Ha diterima karena Fhitung > Ftabel. Besarnya kontribusi secara parsial masingmasing variabel bebas adalah 22,3% untuk kesiapan belajar dan 5,1% untuk disiplin belajar. Sedangkan koefisien determinasi (R2) yang diperoleh adalah sebesar 26,2% dan sisanya sebesar 73,8% dipengaruhi oleh faktor yang lain diluar penelitian. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara kesiapan dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 5 Tegal tahun pelajaran 2009/2010 baik secara parsial maupun simultan. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian yaitu siswa diharapkan untuk memperhatikan faktor kesiapan dan disiplin belajar dan untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah ruang lingkup penelitian agar hasil yang diperoleh lebih dapat digeneralisasikan pada penelitian selanjutnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kesiapan Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 02 Dec 2011 01:38
    Last Modified: 25 Apr 2015 03:52

    Actions (login required)

    View Item