EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 CIREBON TAHUN PELAJARAN 2009-2010

Firman Rilwana, 3201406051 (2011) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 CIREBON TAHUN PELAJARAN 2009-2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 CIREBON TAHUN PELAJARAN 2009-2010) - Published Version
Download (715Kb)

    Abstract

    Media pengajaran digunakan dalam rangka upaya peningkatan atau mempertinggi mutu proses kegiatan belajar mengajar yang gilirannya diharapkan akan mempertinggi hasil belajar yang dicapainya. Berdasarkan hasil obserfasi peneliti pada bulan April 2010 dengan mewawancarai guru geografi, yaitu Ibu Yeyet S.pd di SMA Negeri 5 Cirebon, sarana penunjang pembelajaran yang tersedia di sana masih sangat kurang. Penggunaan media pembelajaran oleh guru khsusnya guru geografi masih kurang karena memang keterbatasan ketersediaan media. Masalah ini tentunya akan berujung pada siswa yang mengakibatkan siswa tidak memiliki keinginan dan minat yang kuat untuk mempelajari pelajaran geografi, akibatnya pencapaian hasil belajar oleh siswa untuk mata pelajaran geografi tidak maksimal. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang efektivitas penggunaan media, dalam hal ini media yang digunakan adalah media flip chart. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajarkan dengan media Flip Chart dibandingkan dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 5 Cirebon tahun pelajaran 2009/2010? (2) Seberapa besar efektivitas penggunaan media flip chart terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran geografi materi di SMA Negri 5 Cirebon tahun pelajaran 2009/2010?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui Apakah terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajarkan dengan media Flip Chart dibandingkan dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media Flip Chart pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 5 Cirebon tahun pelajaran 2009/2010; (2) Mengetahui efektivitas penggunaan media flip chart terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran geografi di SMA Negeri 5 Cirebon tahun pelajaran 2009/2010. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa SMA Negeri 5 Cirebon yang. Sampel penelitian ini adalah kelas X 7 sebagai kelompok eksperimen dengan melakukan pembelajaran geografi menggunakan media flip chart dan kelas X 5 sebagai kelompok kontrol dengan melakukan pembelajaran tanpa menggunakan media. Variabel bebas, dalam penelitian ini yaitu penggunaan media flip chart dalam pembelajaran geografi, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan tes . Analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas, uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, uji gain dan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan media flip chart dibandingkan kelas kontrol dengan pembelajaran tanpa media. Berdasarkan hasil uji t data posttest menunjukan bahwa thitung = 2.062 dengan ttabel =1.66, maka dapat diketahui bahwa > dapat disimpulkan bahwa aa perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perhitungan hasil belajar kognitif diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen = 76.18 sedangkan untuk kelas kontrol =. 72.45. sedangkan perolehan nilai gain kelompok eksperimen lebih besar yaitu = 0.37 dibandingkan dengan kelas kontrol = 0.276, artinya ada keefektifan dari perlakuan yang diberikan pada kelompok eksperimen. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Diharapkan Guru dapat memanfaatkan flip chart sebagai media pembelajaran Geografi mengingat manfaat yang dihasilkan dari penggunaan media ini, diantaranya dapat menumbuhkan minat siswa, meningkatkan hasil belajar siswa, dan waktu belajar menjadi lebih efektif, 2) Pada proses pembelajaran diharapkan guru mampu mengkaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari agar siswa tertarik dan hasil belajar menjadi lebih bermakna, 3) Bagi peneliti selanjutnya, perlu diperhatikan beberapa media yang lebih canggih seperti media Audio Visual atau media berbasis IT agar dapat dipergunakan untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Flip Chart Dan Hasil Belajar Geografi
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 01 Dec 2011 18:56
    Last Modified: 25 Apr 2015 03:52

    Actions (login required)

    View Item