PENGUKURAN DAN PEMETAAN KADASTRAL BIDANG TANAH DALAM RANGKA SERTIPIKASI HAK ATAS TANAH OBYEK LANDREFORM DI DESA GONDOWANGI KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2009

Akhmad Susanto, 3252307024 (2011) PENGUKURAN DAN PEMETAAN KADASTRAL BIDANG TANAH DALAM RANGKA SERTIPIKASI HAK ATAS TANAH OBYEK LANDREFORM DI DESA GONDOWANGI KECAMATAN SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

Abstract

Susanto,Akhmad. 2010. “Pengukuran dan Pemetaan Kadastral Bidang Tanah Dalam Rangka Sertipikasi Hak Atas Tanah Obyek Landreform Di Desa Gondowangi, Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang Tahun 2009” Tugas Akhir D3 Survei dan Pemetaan Wilayah- Geografi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Kata kunci : Pengukuran, Pemetaan, Sertipikat, Tanah Obyek Landreform Pensertipikatan merupakan salah satu program pemerintah di bidang pertanahan untuk memberikan kepastian status hak kepemilikan dan memberikan kepastian hukum atas bidang tanah. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah memetakan bidang tanah yang digunakan untuk membuat sertipikat hak atas tanah Objek Landreform di Desa Gondowangi dan mengetahui tata cara pelaksanaan pengukuran bidang tanah. Sedangkan manfaat dari penulisan tugas akhir ini adalah mengembangkan ilmu pengetahuan tentang pemetaan dengan menggunakan Software Autocad Map 2004 yang dilengkapi program Aplikasi tambahan SAS (Stand Alone System) dan memberikan informasi tentang metode pengukuran dan pemetaan kadastral yang digunakan. Metode yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi atau survei langsung dilapangan. Sedangkan alat yang digunakan pita ukur, GPS, Kompas seperangkat komputer dan software Autocad Map 2004, serta alat tulis. Hasil kegiatan pengukuran dan pemetaan kadastral yang dibahas dalam tugas akhir ini yaitu Peta Bidang Tanah. Peta tersebut dibuat dengan sistem koordinat Nasional /TM3º, hal ini bertujuan agar apabila terjadi bencana atau sesuatu hal yang dapat menghilangkan atau merusak tanda batas bidang tanah, maka batas-batas bidang tanah tersebut dapat dikembalikan seperti semula melalui rekonstruksi dan penunjukan batas. Berdasarkan hasil penyusunan tugas akhir ini dapat disimpulkan bahwa pengukuran dan pemetaan kadastral bidang tanah di Desa Gondowangi dilakukan untuk sertipikasi hak atas tanah melalui Program Pembaharuan Agraria Nasional yang dituangkan dalam kegiatan Redistribusi tanah Obyek Landreform dimana pengukuran bidang tanahnya dilakukan secara sistematik, dengan jumlah 138 bidang tanah dan diberikan kepada 105 Kepala Keluarga yang bekerja sebagai petani, pelaksanaan pengukuran dilakukan oleh petugas ukur dengan menggunakan metode Terestrial serta pemetaannya menggunakan software Autocad Map 2004 yang dilengkapi program SAS (Stand Alone System).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengukuran, Pemetaan, Sertipikat, Tanah Obyek Landreform
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Survei dan Pemetaan Wilayah, D3
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2011 20:32
Last Modified: 30 Nov 2011 20:32

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item