PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KELISTRIKAN OTOMOTIF PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN MEKANIK OTOMOTIF SMK NEGERI 2 PATI TAHUN AJARAN 2008/2009

Andi Priya Sunarka, 5201404002 (2011) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KELISTRIKAN OTOMOTIF PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN MEKANIK OTOMOTIF SMK NEGERI 2 PATI TAHUN AJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KELISTRIKAN OTOMOTIF PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN MEKANIK OTOMOTIF SMK NEGERI 2 PATI TAHUN AJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (2101Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan motivasi belajar dan minat belajar mata diklat kelistrikan otomotif siswa kelas XI program keahlian mekanik otomotif SMK Negeri 2 Pati tahun ajaran 2008/2009. (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar mata diklat kelistrikan otomotif siswa kelas XI program keahlian mekanik otomotif SMK Negeri 2 Pati tahun ajaran 2008/2009. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar mata diklat kelistrikan otomotif siswa kelas XI program keahlian mekanik otomotif SMK Negeri 2 Pati tahun ajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pati tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 64 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 44 siswa terdiri dari siswa kelas XI MO1 dan XI MO2, sedangkan sisanya 20 siswa digunakan untuk uji instrument. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif prosentase dan analisis regresi berganda. Analisis deskriptif prosentase digunakan untuk mendiskripsikan motivasi belajar dan minat belajar siswa, sedangkan analisis regresi berganda digunakan untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar dan minat belajar belajar terhadap hasil belajar siswa, dan seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan minat belajar belajar terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis deskriptif prosentase motivasi belajar siswa kelas termasuk dalam kategori baik dengan prosentase 72,42%, minat belajar siswa dalam kategori baik dengan prosentase 72,87%. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi Ŷ = 25,760 + 0,317 X1 + 0,623 X2. Uji keberartian persamaan regresi dengan menggunakan uji F, berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 12,809 ,karena Fhitung lebih besar dari pada Ftabel (12,809 > 2.832) menunjukkan bahwa secara simultan motivasi dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan uji secara parsial diperoleh thitung untuk variabel motivasi belajar sebesar 3,180, karena thitung lebih besar dari pada ttabel (3,180 > 2.019), yang berarti bahwa variabel motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan untuk variabel minat belajar diperoleh thitung sebesar 2,598, karena thitung lebih besar dari pada ttabel (2,598> 2.019), yang berarti bahwa variabel minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh secara simultan motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar adalah 38,50%. Besarnya pengaruh masing-masing variabel, yaitu motivasi belajar terhadap hasil belajar 22,12% dan pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar 16,38%.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Motivasi Belajar, Minat Belajar dan Hasil Belajar
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 30 Nov 2011 19:48
    Last Modified: 25 Apr 2015 03:49

    Actions (login required)

    View Item