(ABSTRAK.pdf)Kemampuan Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa dan Sastra Asing FBS UNNES dalam Menggunakan La négation

Ragil Iman Santoso, 2301403033 (2010) (ABSTRAK.pdf)Kemampuan Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa dan Sastra Asing FBS UNNES dalam Menggunakan La négation. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ABSTRAK) - Published Version
Download (191Kb)

    Abstract

    Manusia menggunakan kalimat yang merupakan satuan bahasa “langsung” yang digunakan dalam berbahasa sebagai satuan ujaran dalam komunikasi verbal yang dilakukan dengan sesama sebagai alat interaksi dan kelengkapan pesan atau isi yang akan disampaikan. Isi dari maksud ini dapat digambarkan dalam bentuk positif (Affirmatif) atau dalam bentuk négatif (Negasi). Negasi adalah suatu bentuk status dari kalimat dasar (pernyataan atau pemberitahuan, pertanyaan dan perintah) ialah mengingkari predikat dari suatu kalimat. Dalam Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang La négation diajarkan dalam mata kuliah Structure, Communication Orale, Ecrire dan Lire. Yang mendorong diadakannya penelitian masalah yang terdapat dalam skripsi ini adalah peneliti ingin mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menggunakan la négation Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menggunakan La négation dan mengetahui kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis semester VI Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang dalam menggunakan La négation. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif yaitu suatu pendekatan yang menggunakan sumber pustaka untuk membahas permasalahan. Variabel penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa semester VI Bahasa Prancis Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang dalam menggunakan la négation. Penelitian ini menggunakan responden sebanyak 22 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis semester VI Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang. Metode yang digunakan untuk mengambil data adalah metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data mengenai daftar nama dan jumlah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Prancis semester VI tahun ajaran 2009/2010 yang telah lulus Mata Kuliah Structure I-V. Metode tes digunakan untuk memperoleh data mengenai kemampuan mahasiswa menggunakan La négation. Validitas yang digunakan adalah validitas isi. Sedangkan reliabilitas instrumen digunakan K-R 20. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif prosentase dan analisis kritis. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa semester VI dalam menggunakan La négation tergolong cukup. Nilai tertinggi 78,57 dan nilai terendah 50,00 nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa adalah 65,75 dan mendasarkan kriteria penilaian yang berlaku di UNNES, nilai 65,75 termasuk dalam kategori cukup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa mampu dalam menggunakan La négation. Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa disebabkan kurangnya kemampuan mahasiswa dalam menggunakan la négation.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kemampuan, menggunakan, la négation
    Subjects: P Language and Literature > PB Modern European Languages
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
    Depositing User: Alvian Unnes
    Date Deposited: 30 Nov 2011 00:05
    Last Modified: 30 Nov 2011 00:05

    Actions (login required)

    View Item