(ABSTRAK.pdf)Kajian Faktor-Faktor Pengembangan Obyek Wisata Serulingmas Di Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara.

Puji Ashar Meilan, 3250405038 (2010) (ABSTRAK.pdf)Kajian Faktor-Faktor Pengembangan Obyek Wisata Serulingmas Di Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ABSTRAK) - Published Version
Download (78Kb)

    Abstract

    Obyek wisata Serulingmas merupakan obyek wisata milik pemerintah Kabupaten Banjarnegara yang dikelola dalam bentuk UPTD (Unit Pengelola Teknis Dinas) yang sampai saat ini terus berupaya meningkatkan pengembangan obyek wisata agar dapat menarik wisatawan. Kunjungan wisatawan di obyek wisata Serulingmas dapat diketahui dari tahun 2003 sampai 2008 mengalami penurunan pengunjung yang semula pada tahun 2003 sebanyak 154.846 wisatawan, sedangkan tahun 2008 sebanyak 128.710 wisatawan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kondisi faktor-faktor pengembangan obyek wisata Serulingmas?, (2) Bagaimana upaya pengelola pariwisata dalam mengembangkan obyek wisata Serulingmas? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang berperan dalam pengembangan obyek wisata Serulingmas, (2) Untuk mengetahui pengelolaan obyek wisata Serulingmas di Kabupaten Banjarnegara. Populasi dalam penelitian ini adalah obyek wisata Serulingmas dengan responden pengunjung dan pengelola obyek wisata Serulingmas pada Bulan Januari tahun 2010. Pengambilan sempel menggunakan teknik insidental sampling yaitu respondan yang ada pada saat penelitian dilakukan. Jumlah sampel dalam penelitian ini 60 responden. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket dan analisis menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menujukan bahwa obyek wisata Serulingmas mempunyai daya tarik tersendiri di Kabupaten Banjarnegara. Faktor atraksi dan transportasi merupakan faktor utama dalam pengembangan obyek wisata serulingmas, hal tersebut dapat diketahui dari persentase jawaban responden mengenai faktor atraksi sebanyak 63,167% tergolong baik, fakror transportasi tergolong baik sebanyak 67,750%, faktor akomodasi mendapat persentase jawaban responden sebanyak 52,917% tergolong cukup baik, faktor fasilitas pelayanan baik 62,583%, dan faktor infrastruktur cukup baik 61,580%. Kepada pengelola hendaknya dapat menambah koleksi satwa dan sarana akomodasi dibangun lebih dekat dengan obyek wisata dan klas akomodasi yang berfariasi, sehingga menambah daya tarik obyek wisata Serulingmas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Faktor-Faktor Pengembangan, Obyek Wisata, Serulingmas
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
    Depositing User: Alvian Unnes
    Date Deposited: 29 Nov 2011 22:45
    Last Modified: 29 Nov 2011 22:45

    Actions (login required)

    View Item