PENGARUH PRODUCT FEATURES, BRAND EXTENSION, DAN MEDIA COMMUNICATION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK TOSHIBA (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang)

Tina Kurdi Astuti , 7350406041 (2011) PENGARUH PRODUCT FEATURES, BRAND EXTENSION, DAN MEDIA COMMUNICATION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK TOSHIBA (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

Abstract

Tina Kurdi Astuti, 2010. Pengaruh product features, brand extension, dan media communication terhadap keputusan pembelian laptop merek Toshiba (studi kasus pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. 121 hal. Kata Kunci : Product Features, Brand Extension, Media Communication, dan Keputusan Pembelian Kecanggihan teknologi (laptop) mempunyai peranan yang sangat penting dijaman sekarang. Dalam dunia perkuliahan, laptop digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh product features, brand extension, dan media communication terhadap keputusan pembelian dan variabel manakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh product features, brand extension, dan media communication terhadap keputusan pembelian dan mengetahui variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang mempunyai laptop merek Toshiba. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling, dengan responden sebanyak 95 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 5,502 + 0,320 X1 + 0,346 X2 + 0,361 X3. Koefisien regresi sebesar 0,478, koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,461, hal ini berarti 46,10% keputusan pembelian laptop merek Toshiba dipengaruhi oleh product features, brand extension, dan media communication, sedangkan sisanya 53,90% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif antara product features, brand extension, dan media communication terhadap keputusan pembelian dan variabel product features yang lebih dominan mempengaruhi keputusan pembelian laptop merek Toshiba pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Disarankan agar pihak perusahan lebih meningkatkan penawaran pada fitur produknya, selalu menjaga kualitas pada setiap lini produknya dengan merek yang sudah ada (Toshiba), serta lebih ditingkatkan lagi promosi atas produk laptopnya dengan menggunakan alat komunikasi yang lebih beragam lagi melalui media yang ada sehingga lebih menarik minat konsumen untuk membeli produknya, dalam hal ini adalah laptop merek Toshiba.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Product Features, Brand Extension, Media Communication, dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: farid N fisika
Date Deposited: 29 Nov 2011 01:25
Last Modified: 29 Nov 2011 01:25

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item