PENGAWASAN PENDISTRIBUSIAN GAS LPG 3 KILOGRAM BERSUBSIDI OLEH DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI JAWA TENGAH (STUDI DI KOTA SEMARANG)


NADIA SHINTA PRIMADITA, 8111415218 (2022) PENGAWASAN PENDISTRIBUSIAN GAS LPG 3 KILOGRAM BERSUBSIDI OLEH DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI JAWA TENGAH (STUDI DI KOTA SEMARANG). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 8111415218_NADIA SHINTA PRIMADITA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

LPG atau Liquefied Petroleum Gas digolongkan menjadi dua jenis yaitu LPG umum dan LPG tertentu. LPG tertentu atau LPG 3 kilogram bersubsidi merupakan LPG dengan kekhususan di dalamnya yaitu terkait dengan penggunaan, harga dan penggunanya yaitu rumah tangga dan usaha mikro. Kekhususan tersebut menjadikan pendistribusiannya perlu adanya pengawasan oleh pemerintah agar pendistribusiannya tepat sasaran. Rumusan masalah yang ditulis peneliti adalah : 1) Bagaimana pendistribusian gas LPG 3 kilogram bersubsidi?. 2) Bagaimana Pengawasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah terkait dengan pendistribusian gas LPG 3 kilogram bersubsidi di Kota Semarang?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis. Penelitian ini berlokasi di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, pangkalan dan juga konsumen gas LPG 3 kilogram bersubsidi. Sumber data diambil dari data primer, data sekunder, dan data tersier, kemudian dianalisis menggunakan teknik pengambilan data berupa wawancara, analisis, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Pendistribusian gas LPG 3 kilogarm bersubsidi dari Pertamina hingga ke konsumen dengan kriteria tertentu dilakukan dengan menggunakan sistem distribusi tertutup. 2) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah memiliki tugas, pokok dan fungsi sebagai pengawas dalam pendistribusian gas LPG 3 kilogram bersubsidi di Jawa Tengah Simpulan dari hasil penelitian ini adalah : 1) Pendistribusian gas LPG 3 kilogram yang seharusnya menggunakan sistem distribusi tertutup dengan tujuan agar pendistribusian gas LPG 3 kilogram bersubsidi ini tepat sasaran dan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan namun di lapangan masih ditemukan penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh para pelaku usaha. 2) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah sebagai pihak yang memiliki tugas sebagai pengawas dalam pendistribusian gas LPG 3 kilogram berubsidi masih belum melakukan tugasnya secara maksimal. Saran dari hasil penelitian ini adalah : 1) Bagi pemerintah untuk meningkatkan kinerjanya agar tidak lagi ditemukannya penyimpangan dalam pendistribusian gas LPG 3 kilogram bersubsidi. 2) Bagi pelaku usaha untuk lebih memperhatikan peraturan yang telah ditetapkan dan dijalankan dengan lebih baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Distribusi, Pengawasan, Subsidi LPG 3 Kilogram bersubsidi
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:31
Last Modified: 23 Sep 2024 03:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/63904

Actions (login required)

View Item View Item