The Effect of Team Learning and Knowledge Sharing on Teachers Innovative Work Behavior at SHS Negeri 8 Purworejo


Arum Putri Titis Prastianti, 0102521037 (2023) The Effect of Team Learning and Knowledge Sharing on Teachers Innovative Work Behavior at SHS Negeri 8 Purworejo. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of COVER-DAFTAR ISI_ARUM PUTRI TITIS PRASTIANTI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of TESIS ARUM PUTRI TITIS PRASTIANTI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of JURNAL_ARUM PUTRI TITIS PRASTIANTI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy

Abstract

Perilaku kerja yang inovatif dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Aspek perilaku kerja inovatif pada hakikatnya merupakan hasil interaksi antara individu sebagai pekerja, kelompok sebagai proses kerja, dan proses organisasi sebagai praktik manajemen yang baik. Dalam penelitian ini merumuskan bagaimana pembelajaran tim terhadap perilaku kerja inovatif, bagaimana berbagi pengetahuan terhadap perilaku kerja inovatif, serta bagaimana pembelajaran tim dan berbagi pengetahuan terhadap perilaku kerja inovatif. Fokus penelitian ternyata masih banyak faktor terkait dengan munculnya perilaku inovatif yang rendah, tetapi tidak semua faktor yang teridentifikasi tersebut diteliti atau dijadikan variabel-variabel dalam penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tim dan berbagi pengetahuan terhadap perilaku kerja inovatif guru di SMA Negeri 8 Purworejo Tahun 2023. Penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitian kausalitas. Sampel penelitian ini terdiri dari 46 responden yang diambil melalui sampel jenuh dari keseluruhan populasi. Kuesioner dengan skala Likert digunakan untuk mengumpulkan data dalam setiap variabel yang diperkuat dengan hasil observasi di dalam kelas. Pendekatan analisis meliputi regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai standardized coefficients beta pada pengaruh pembelajaran tim terhadap perilaku kerja inovatif sebesar ry1 (koefisien korelasi) = 0.595; r2y1 (koefisien determinasi) = 0.355 dengan nilai signifikan 0,000 (<0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama diterima, yang menyatakan bahwa pembelajaran tim berpengaruh positif terhadap perilaku kerja inovatif yang mana semakin tinggi nilai pembelajaran tim maka semakin tinggi pula nilai perilaku kerja inovatif. Nilai standardized coefficients beta pada pengaruh berbagi pengetahuan terhadap perilaku kerja inovatif sebesar ry2 = 0.636; r2y2 = 0.405 dengan nilai signifikan 0,000 (<0,05). Artinya semakin tinggi tingkat berbagi pengetahuan guru maka semakin besar dampaknya terhadap tingkat perilaku kerja inovatif. Kuatnya pengaruh dari hubungan berbagi pengetahuan dengan perilaku kerja inovatif pada guru SMA Negeri 8 Purworejo ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,636 dan koefisien determinasi sebesar 0,405. Artinya, berbagi pengetahuan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku kerja inovatif sebesar 40,5%. Pengaruh yang positif juga sangat signifikan antara pembelajaran tim dan berbagi pengetahuan dengan perilaku kerja inovatif. Artinya semakin tinggi nilai dari pembelajaran tim dan berbagi pengetahuan, maka semakin tinggi pula tingkat perilaku kerja inovatif yang ditunjukkan guru. Kuatnya pengaruh pembelajaran tim dan berbagi pengetahuan terhadap perilaku kerja inovatif ditunjukkan dengan nilai ry12 sebesar 0,690 dan koefisien determinasi (r2y12) sebesar 0,476. Ini berarti pembelajaran tim dan berbagi pengetahuan bersama-sama mencapai 47,6% berkontribusi terhadap perilaku kerja inovatif ini. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tim dan berbagi pengetahuan dapat meningkatkan perilaku kerja inovatif guru di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tim, berbagi pengetahuan, perilaku kerja inovatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:28
Last Modified: 04 Jul 2024 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60671

Actions (login required)

View Item View Item