(ABSTRAK) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR (CD AUDIO) PEMBELAJARAN MENGAPRESIASI GEGURITAN SMP KELAS VII


Naily Nisriyah , 2102405639 (2009) (ABSTRAK) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR (CD AUDIO) PEMBELAJARAN MENGAPRESIASI GEGURITAN SMP KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR (CD AUDIO) PEMBELAJARAN MENGAPRESIASI GEGURITAN  SMP KELAS VII]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR (CD AUDIO) PEMBELAJARAN MENGAPRESIASI GEGURITAN SMP KELAS VII) - Published Version
Download (71kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah suatu interaksi antara penyampai pesan dengan penerima pesan. Dalam proses pembelajaran terdapat komponen-komponen pembelajaran seperti pendidik, peserta didik, bahan ajar, metode, materi dan media pembelajaran. Tercapai tidaknya tujuan belajar mengajar yang telah ditetapkan, akan berhubungan erat dengan penggunaan komponen-komponen pembelajaran. Selama ini dalam kenyataannya sebagian besar penyampaian materi mata pelajaran Bahasa Jawa khususnya mengapresiasi geguritan di dalam kelas lebih didominasi oleh kegiatan guru dengan metode ceramah dan pemberian tugas dari buku paket (LKS) saja atau identik bersifat konvensional, sedangkan kegiatan siswa sendiri lebih banyak diam menyimak dan mencatat hal-hal yang dianggap penting dan hanya mengerjakan tugas yang diberikan guru. Dengan penyampaian materi seperti itu (ceramah) secara terus menerus, terkadang sering menimbulkan kejenuhan yang pada akhirnya akan mempengaruhi perhatian siswa dan sikap pasif dari diri siswa yang berakibat pada hasil belajar siswa. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan mengapresiasi geguritan yaitu dengan mengembangkan CD audio pembelajaran mengapresiasi geguritan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui langkah dalam mengembangkan CD audio pembelajaran mengapresiasi geguritan yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa, (2) Mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap bahan ajar berupa CD audio pembelajaran mengapresiasi geguritan. Meskipun penelitian untuk pembelajaran geguritan dengan menggunakan media audio sudah pernah dilakukan dan terbukti berhasil dengan meningkatnya hasil penelitian yang dicapai siswa masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki, salah satu yang penting adalah berbagai pertimbangan dalam menyusun CD audio untuk pembelajaran mengapresiasi geguritan, dengan demikian teori yang dibahas dalam penelitian ini meliputi tinjauan CD audio dan tinjauan geguritan. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D), yang diarahkan pada pengembangan produk dalam bentuk media audio untuk siswa kelas VII SMP yang berupa CD audio dalam mempermudah kegiatan belajar geguritan. Langkah dalam mengembangkan media CD audio pembelajaran mengapresiasi geguritan dilakukan melalui 6 tahap yaitu (1) pengumpulan informasi (analisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran yang berupa angket dan analisis kebutuhan guru berupa pedoman wawancara), (2) perencanaan (menentukan prosedur pengembangan media), (3) pengembangan produk (penyiapan naskah, produksi media, perlengkapan evaluasi, validasi ahli dan revisi produk), (4) Ujicoba lapangan, (5) Revisi terhadap produk (jika diperlukan) dan (6) produk akhir hasil pengembangan. Metode analisis data dalam penelitian pengembangan ini yaitu menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu pemaparan data, dan verifikasi atau simpulan data serta menggunakan metode deskriptif prosentase yaitu metode yang digunakan untuk menghitung hasil data tes siswa setelah dan sebelum menggunakan media CD audio pembelajaran mengapresiasi geguritan. Hasil angket tanggapan dan penilaian guru baik dari SMPN I Pecangaan Jepara, SMPN I Kedung dan SMPN II Kedung terhadap prototipe media CD audio pembelajaran mengapresiasi geguritan, diperoleh kesimpulan yaitu (1) Pada perwajahan CD audio nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 91,6 dengan kategori sangat baik, pada desain isi CD audio diperoleh nilai rata-rata sebesar 89,8 juga dengan kategori sangat baik. Hasil tanggapan dari ketiga guru terhadap prototipe CD audio berupa saran perbaikan yaitu warna background cover sebaiknya lebih dicerahkan lagi, (2) Hasil tanggapan siswa berdasarkan jurnal siswa terhadap CD audio pembelajaran mengapresiasi geguritan, dapat ditarik kesimpulan yang pada intinya sebagian besar siswa merasa senang dan mudah memahami pembelajaran dengan menggunakan media CD audio, dapat dibuktikan bahwa setelah menggunakan media CD audio, hasil pembelajaran siswa mengalami peningkatan sebesar 10,6 (17,25%). Pada pembelajaran tanpa media diperoleh nilai rata-rata sebesar 61,45 dengan kategori cukup, dan setelah belajar dengan menggunakan media CD audio siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 72,05 dengan kategori baik. Berdasarkan uraian tersebut diatas dapat diketahui bahwa dengan mengembangkan media CD audio pembelajaran mengapresiasi geguritan yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa dapat memudahkan dan menarik minat siswa untuk belajar geguritan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penelitian, penelitian pengembangan, media CD audio, apresiasi, geguritan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PC Romance languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2011 07:50
Last Modified: 19 Oct 2011 01:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5806

Actions (login required)

View Item View Item