PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL


Bintang Mayapadha , 1401413046 (2017) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (890kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan keberhasilan siswa yang diperoleh setelah melakukan kegiatan pembelajaran, yang dinyatakan dalam skor yang diperoleh dari hasil tes yang diberikan guru mengenai sejumlah materi pelajaran yang telah diberikan guru, diantaranya yaitu pelajaran seni rupa. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru. Guru yang dapat menerapkan kompetensi pedagogik dan profesional secara optimal akan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Tujuan penulisan ini adalah mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar seni rupa siswa kelas V SD se-Gugus Gajah Mada Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Penulisan ini menggunakan jenis ex post facto dengan teknik kuantitatif. Populasi dalam penulisan ini yaitu seluruh siswa SD se-Gugus Gajah Mada Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal sebanyak 114 siswa. Pengambilan sampel dalam penulisan ini menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penulisan ini menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket untuk kompetensi pedagogik dan profesional guru, dan dokumentasi. Uji Prasyarat yang digunakan dalam penulisan ini meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis dalam penulisan ini menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, koefisien determinan (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penulisan menunjukkan variabel bebas dalam penulisan ini memberikan pengaruh terhadap variabel terikat. Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar seni rupa siswa dengan kontribusi pengaruh sebesar 16,4%. Terdapat pengaruh kompetensi profesional terhadap hasil belajar seni rupa siswa dengan kontribusi sebesar 16,2%. Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar seni rupa siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel yaitu 18,367 > 3,078 dan nilai kontribusi pengaruh sebesar 24,9%. Jika kompetensi pedagogik dan profesional guru meningkat, maka hasil belajar seni rupa siswa juga akan meningkat. Guru hendaknya perlu meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional, agar pembelajaran dan hasil belajar seni rupa dapat tercapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar seni rupa; kompetensi pedagogik; profesional
Subjects: L Education > L Education (General) > Individual Counseling Services
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 07 Jun 2018 17:48
Last Modified: 07 Jun 2018 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31316

Actions (login required)

View Item View Item