ASPIRASI DAN PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP NILAI-NILAI KARAKTER (RELIGIUS, PEDULI LINGKUNGAN, PEDULI SOSIAL) ANAK USIA 4-5 TAHUN PADA PEDAGANG KAKI LIMA DI ALUN-ALUN UNGARAN KABUPATEN SEMARANG


Candra Kartika , 1201413064 (2017) ASPIRASI DAN PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP NILAI-NILAI KARAKTER (RELIGIUS, PEDULI LINGKUNGAN, PEDULI SOSIAL) ANAK USIA 4-5 TAHUN PADA PEDAGANG KAKI LIMA DI ALUN-ALUN UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413064.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Orangtua merupakan agen pertama yang akan memberi pengalaman nyata dan pertama untuk anak dalam pembentukankarakter. Akhir-akhir ini, berbagai fenomena perilaku negatif sering terlihat dalam kehidupan sehari-hari pada anak-anak. Melalui surat kabar atau televisi dijumpai kasus anak usia dini yang berbicara kurang sopan, senang meniru adegan kekerasan, juga meniru perilaku orang dewasa yang belum semestinya dilakukan anak-anak. Kondisi ini sangat memprihatinkan mengingat dunia anak seharusnya merupakan dunia yang penuh dengan kesenangan untuk mengembangkan diri, yang sebagian besar waktunya diisi dengan belajar melalui berbagai macam permainan dilingkungan sekitarnya. Untuk itu orangtua harusmemberikannilai-nilai karakter kepada anak saat setelah mereka selesai bekerja atau dalam waktu luang. Dengan begitu anak mendapat pembelajaran nilai-nilai karakter positif dari orangtuanya. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Apakah ada pengaruh antara aspirasi orangtua dalam pendidikan karakter terhadap nilai-nilai karakter anak usia 4-5 tahun di keluarga Pedagang Kaki Lima (PKL), (2) Apakah ada pengaruh antara partisipasi orangtua dalam pendidikan karakter terhadap nilai-nilai karakter anak usia 4-5 tahun di keluarga Pedagang Kaki Lima (PKL), (3)Apakahada pengaruh antara aspirasi dan partisipasi orangtua dalam pendidikan karakter terhadap nilai-nilai karakter anak usia 4-5 tahun di keluarga Pedagang Kaki Lima (PKL). Dasar yang digunakan adalah pendekatan kuantitatifExpost Facto. Populasi penelitian adalah Pedagang Kaki Lima (PKL) Alun-alun Ungaran Kabupaten Semarang. Sampel yang digunakan adalah Pedagang Kaki Lima (PKL) di alun-alun Ungaran, dengan teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling. Metode pencari data menggunakan metode angket, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Analisa Regresi Linier Sederhana dan Analisa Regresi Linier Berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara aspirasi orangtua dalam pendidikan karakter terhadap nilai-nilai karakter anak; (2) terdapat pengaruhyang signifikan antara partisipasi orangtua dalam pendidikan karakter terhadap nilai-nilai karakter anak; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara aspirasi dan partisipasi orangtua dalam pendidikan karakter terhadap nilai-nilai karakter anak. Saran yang diajukan peneliti adalah sebagai berikut:(1) untuk mahasiswa, belajar bukan hanya di sekolah, tetapi belajar bisa di jalanan maupun di lingkungan keluarga, (2) untuk orangtua, orangtua dapat membentuk nilai-nilai karakter anak yang positif sejak dini melalui kegiatan sehari-hari yang anak lakukan, (3) untuk Jurusan PLS diharapkan jurusan dapat mengoperasionalkan jurusan PLS untuk menciptakan kegiatan penyuluhan tentang parenting untuk orangtua dalam perlunya mengetahui pentingnya nilai-nilai karakter yang harus dimiliki anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aspirasi, Partisipasi, Nilai-nilai Karakter Anak
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 18:22
Last Modified: 25 May 2018 18:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31138

Actions (login required)

View Item View Item