ANALISIS POLA PENYEBARAN INVESTASI DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI JAWA TENGAH


Ibnu Rizky Briwantara , 7111413046 (2017) ANALISIS POLA PENYEBARAN INVESTASI DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111413046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pola penyebaran investasi yang terjadi di Jawa Tengah tahun 2011-2015, mengklasifikasikan daerah yang masih kekurangan investasi di Jawa Tengah pada tahun 2015, dan faktor-faktor yang mempengaruhi penyebaran investasi di Jawa Tengah. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Investasi PMA dan PMDN, Tenaga Kerja, Indeks Harga Konsumen, Upah Minimum Regional, Pajak dan Pengeluaran Pemerintah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data cross section dan time series dari tahun 2011-2015 yang bersumber dari DPMPTSP Jawa Tengah, Bappenas dan Badan Pusat Statistik (BPS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Entrophy Theil Indeks, Tipologi Klassen dan Regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pola penyebaran investasi PMDN dan PMA di Provinsi Jawa Tengah menunjukkan pola yang cenderung menyebar. (2) Klasifikasi daerah kekurangan investasi ada 25 Kabupaten/Kota dalam kondisi kekurangan investasi PMA dan 27 Kabupaten/Kota kekurangan investasi PMDN. (3) Faktor yang mempengaruhi investasi pada model PMA yaitu variabel IHK dan UMR berpengaruh signifikan terhadap investasi PMA, secara parsial maupun secara bersama-sama. Kemudian pada model PMDN, PDRB yang berpengaruh positif dan pajak yang berpengaruh negatif terhadap investasi PMDN. Pola penyebaran yang terjadi di Jawa Tengah berpola cenderung menyebar pada beberapa daerah. Pemerintah harus melakukan kebijakan-kebijakan yang pro investasi dan penguatan spesialisasi tiap-tiap daerah. Rekomendasi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambahkan pada bagian sektor investasi dan menggunakan metode pendekatan secara komprehensif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pola Penyebaran, Investasi, PMA, PMDN, Indeks Entropy Theil, Determinan, Tipologi Klassen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 Feb 2018 13:37
Last Modified: 02 Feb 2018 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29730

Actions (login required)

View Item View Item