UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR VOKAL DAN DRUM PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAND DENGAN METODE EAR TRAINING PADA SISWA SMP N 3 SEMARANG


Nanang Setiawan , 2501410162 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR VOKAL DAN DRUM PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAND DENGAN METODE EAR TRAINING PADA SISWA SMP N 3 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501410162.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (409kB) | Preview

Abstract

Band dengan Metode Ear Training pada Siswa SMP N 3 Semarang Siswa lebih menyukai cara yang lebih mudah untuk belajar vokal dan drum, dari rasa suka tersebut maka minat siswa dapat tumbuh sehingga hasil belajarpun juga meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode ear training dapat meningkatkan minat dan hasil belajar vokal dan drum pada siswa SMP N 3 Semarang dalam kegiatan ekstrakurikuler band. Manfaat penelitian ini adalah secara teoritis mengembangkan teori metode ear training dalam pembelajaran vokal dan drum dan manfaat secara praktis dapat memudahkan siswa untuk memahami materi yang diberikan oleh guru sehingga dapat meningkatkan minat dan hasil belajar vokal dan drum dalam kegiatan ekstrakurikuler band. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa SMP N 3 Semarang yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler band pada vokal dan drum. Siklus I dan siklus II terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain tes praktik, angket, observasi,dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode ear training dapat meningkatkan minat dan hasil belajar vokal dan drum pada siswa SMP N 3 Semarang yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler band. Terbukti minat pada vokal mengalami peningkatan dari 27,30% pada kegiatan pra siklus, meningkat menjadi 63,60% pada siklus I, dan meningkat menjadi 81,80% pada siklus II. Sedangkan minat pada drum mengalami peningkatan dari 40% pada kegiatan pra siklus, meningkat menjadi 70% pada kegiatan siklus I, dan meningkat menjadi 80% pada kegiatan siklus II. Peningkatan juga terbukti untuk hasil belajar siswa pada vokal dari 45,45% pada kegiatan pra siklus, meningkat menjadi 63,60% pada kegiatan siklus I dan meningkat menjadi 72,70% pada kegiatan siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada drum yaitu 50% pada kegiatan pra siklus, kemudian terulang kembali 50% pada kegiatan siklus I tetapi di siklus I sudah mengalami peningkatan jumlah nilai rata-ratanya, dan meningkat menjadi 70% pada kegiatan siklus II. Peningkatan minat dan hasil belajar tersebut terjadi karena penggunaan metode ear training. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan untuk menggunakan metode ear training pada pembelajaran vokal dan drum dalam kegiatan ekstrakurikuler band supaya minat dan hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Minat dan Hasil Belajar Vokal dan Drum pada Ekstrakurikuler
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 10 Jan 2018 12:49
Last Modified: 10 Jan 2018 12:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29017

Actions (login required)

View Item View Item