PENGGUNAAN FILM DOKUMENTER SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS SEJARAH DI SMP N 5 MAGELANG


Setiya Budi , 3101410006 (2014) PENGGUNAAN FILM DOKUMENTER SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS SEJARAH DI SMP N 5 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101410006.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Film dokumenter adalah film yang mendokumentasikan kenyataan. Istilah "dokumenter" pertama digunakan dalam resensi film Moana (1926) oleh Robert Flaherty, ditulis oleh The Moviegoer, nama samaran John Grierson, di New York Sun pada tanggal 8 Februari 1926. Film dokumenter sendiri dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar yang dapat membawa dampak positif dalam proses pembelajaran Penelitian ini fokusnya adalah Penggunaan Film Dokumenter sebagai Sumber Belajar pada Proses Pembelajaran Sejarah di SMP Negeri 5 Magelang, antara lain adalah, (1) Keefektifitasan penggunaannya, (2) Kondisi Sarana dan Prasarana penunjang, (3) Tanggapan dan Apresiasi Guru, (4) Kendala dan Upaya dalam mengatasi masalah yang timbul dari penggunaan Film Dokumenter pada Pembelajaran Sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Keefektifitasan penggunaannya, (2) Kondisi Sarana dan Prasarana penunjang, (3) Tanggapan dan Apresiasi Guru, (4) Kendala dan Upaya dalam mengatasi masalah yang timbul dari penggunaan Film Dokumenter pada Pembelajaran Sejarah di SMP Negeri 5 Magelang. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dilapangan dilakukan analisis data untuk mendapatkan temuan penelitian. Keabsahan data diuji dengan ketekunan pengamatan dan teknik triangulasi. Temuan penelitian yaitu : Pertama, Pelaksanaan penggunaan film dokumenter di SMP Negeri 5 Magelang masih kurang efektif karena ada faktor-faktor yang menghambat seperti ada beberapa kelas yang LCDnya rusak kemudian ada beberapa siswa yang terkadang tidak memberikan perhatiannya secara penuh saat film dokumenter diputarkan. Kedua, Dalam segi pemanfaatan sarana dan prasana di SMP Negeri 5 Magelang memang masih kurang. Salah satunya adalah laboratorium IPS masih sangat jarang sekali dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran. Ketiga, , Guru memberi tanggapan positif dan baik terhadap minat siswa dalam penggunaan film dokumenter sebagai salah satu sumber belajar sejarah. Meskipun begitu ada beberapa tanggapan negatif dari guru trhadap siswa, contohnya adalah terkadang siswa hanya memanfaatkan pemutaran film dokumenter hanya untk mengobrol dengan temannya atau sibuk dengan hal lain. Keempat, Kendala yang dihadapi SMP Negeri 5 Magelang adalah ada beberapa kelas yang LCDnya rusak, hal ini dapat menggangu karena guru harus mencari ruang lain yang kosong agar tetap bisa menggunakan film dokumenter. Kendala lainnya lagi adalah masalah waktu, khususnya untuk kelas 8 dan 9 yang waktu pelajarannya hanya 1x40 menit tiap pertemuannya. Dengan waktu yang minim tersebut guru harus cepat-cepat dalam menyampaikan materi agar materi dapat disampaikan semua, selain itu durasi pemutaran film dokumenter juga menjadi terbatas karena waktu yang minim tadi. Berdasarkan kesimpulan, penelitian ini disarankan sebagai berikut : (1) Bagi pihak sekolah Lebih memperhatikan sarana dan prasarana yang belum tersedia ataupun rusak di SMP Negeri 5 Magelang, karena kekurangan dalam sarana dan media pembelajaran sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran, dengan ditunjang sarana dan prasarana yang baik dan bagus maka penggunaan film dokumenter sebagai salah satu sumber belajar akan tercapai tujuannya dengan baik. (2) Bagi Guru, Guru juga harus menggunakan metode-metode lain yang menarik dalam pembelajaran agar siswa tidak bosan dan jenuh. Guru juga harus bisa memanajemen waktu dengan baik agar semua materi dapat tersampaikan dengan baik meskipun waktu yang diberikan sangat singkat. (3) Bagi Siswa, Siswa harus lebih tertarik dan cinta terhadap sejarah dengan penggunaan film dokumenter, karena dengan penggunaan film dokumenter sebagai salah satu sumber belajar membuat siswa menjadi tidak bosan dan jenuh dan tentunya lebih banyak referensi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Film Dokumenter, Pembelajaran Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2015 18:07
Last Modified: 25 Apr 2015 08:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20173

Actions (login required)

View Item View Item