PENERAPAN METODE MODELLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MEMBUAT KERAJINAN DARI KERTAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGJATI BANJARNEGARA


Hikmah Fitriati, 1402408080 (2012) PENERAPAN METODE MODELLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MEMBUAT KERAJINAN DARI KERTAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGJATI BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN METODE MODELLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MEMBUAT KERAJINAN DARI KERTAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGJATI BANJARNEGARA]
Preview
PDF (PENERAPAN METODE MODELLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MEMBUAT KERAJINAN DARI KERTAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGJATI BANJARNEGARA)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu rendahnya rata-rata nilai tes formatif siswa mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan sebesar 69,85 dan rendahnya ketuntasan klasikal siswa SD Negeri 2 Karangjati Kabupaten Banjarnegara tahun 2010/2011 yaitu 62%. Rendahnya nilai rata-rata klasikal dan persentase ketuntasan klasikal disebabkan antara lain karena kurangnya motivasi belajar siswa, pembelajaran yang dilakukan guru kurang menarik dan bersifat monoton, dan sumber dan media pembelajaran yang masih kurang memadai. Pembelajaran dengan menerapkan metode modelling dipilih peneliti karena siswa diberi kesempatan untuk mempraktekkan yang telah diperagakan dan dipandang dapat meningkatkan antusias belajar siswa, sebab siswa yang berprestasi diberi penghargaan (reward) oleh guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan performansi guru dan aktivitas serta hasil belajar siswa pada materi membuat kerajinan dari kertas dengan menerapkan metode modelling siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangjati Kabupaten Banjarnegara tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dari bulan April sampai Mei. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek PTK ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangjati Kabupaten Banjarnegara sebanyak 32 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes yang berupa observasi (pengamatan), hasil karya dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes formatif dan lembar penilaian performansi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode modelling dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan siswa klasikal baru mencapai 72% dengan nilai rata-rata kelas yaitu 73,32, aktivitas belajar siswa mencapai 72,42% dan performansi guru 83,69 dengan kriteria AB. Pada siklus II ketuntasan ketuntasan siswa klasikal meningkat menjadi 95,5% dengan nilai ratarata kelas 84,65. Aktivitas belajar siswa juga meningkat menjadi 82,25%, sedangkan nilai performansi guru menjadi 91,58 dengan kriteria A. Berdasarkan data tersebut maka terlihat bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap performansi guru, aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode modelling dapat meningkatkan hasil belajar materi membuat kerajinan dari kertas pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangjati Kabupaten Banjarnegara tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Modelling, Hasil Belajar, Membuat Kerajinan dari Kertas.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:15
Last Modified: 12 May 2014 11:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18809

Actions (login required)

View Item View Item