ANALISIS KESALAHAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KENDAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI JARAK PADA BANGUN RUANG


Seto Satoto, 4101408090 (2012) ANALISIS KESALAHAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KENDAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI JARAK PADA BANGUN RUANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESALAHAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KENDAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI JARAK PADA BANGUN RUANG]
Preview
PDF (ANALISIS KESALAHAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KENDAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI JARAK PADA BANGUN RUANG)
Download (59MB) | Preview

Abstract

Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kendal membuat kesalahan pada saat mengerjakan soal materi jarak pada bangun ruang. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan adalah dengan melakukan analisis kesalahan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi jarak pada bangun ruang dengan menggunakan prosedur Newman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian diambil 6 dari 33 siswa kelas X-5, masing-masing terdiri atas 2 siswa dari kelompok atas, sedang, dan bawah. Pengelompokkan didasarkan perangkingan hasil tes siswa, kemudian dipilih secara acak 2 siswa pada masing-masing kelompok. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada soal materi jarak pada bangun ruang. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Diperoleh simpulan, siswa berusaha untuk mengimplementasikan prosedur Newman saat mengerjakan soal matematika. Namun, karena kurang terbiasa, sering terjadi adanya langkah yang tidak dilakukan, yaitu pada langkah memahami masalah dan transformasi. Untuk jenis kesalahan yang dilakkan siswa saat mengerjakan soal, tidak ada siswa yang melakukan jenis kesalahan membaca. Kesalahan baru dilakukan siswa pada saat memahami masalah. jenis kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan dalam memahami masalah. Penyebabnya adalah kurangnya kemampuan siswa dalam membuat ilustrasi, kurang cermat dalam menggambar sehingga ilustrasi yang tergambar tidak sesuai dengan yang dimaksud, dan mengabaikan tidak melakukan karena merasa tidak perlu. Jenis kesalahan selanjutnya yang dilakukan siswa adalah kesalahan kemampuan dalam memproses. Penyebabnya adalah karena lemahnya kemampuan dari siswa dalam hal manipulasi aljabar, dan kurang cermat dalam proses perhitungan. Jenis kesalahan lain yang dilakukan oleh siswa adalah kesalahan pada saat penulisan jawaban, penyebabnya adalah kurang cermat dan tergesa-gesa dalam menulis. Beberapa solusi yang bisa digunakan untuk meminimalisir kesalahan siswa adalah dengan memastikan bahwa siswa benar-benar sudah menguasai materi jarak pada bangun ruang dengan benar, memastikan bahwa siswa telah tuntas pada materi aljabar, dan juga menghimbau siswa untuk mengecek kembali pekerjaannya sebelum dikumpulkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:11
Last Modified: 19 May 2014 10:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18693

Actions (login required)

View Item View Item