Implementasi Pembelajaran Realistik Matematika Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Spatial Ability Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas X MAN Purwodadi Tahun 2011/2012


Muhammad Huda, 4101408156 (2012) Implementasi Pembelajaran Realistik Matematika Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Spatial Ability Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas X MAN Purwodadi Tahun 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Pembelajaran Realistik Matematika Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Spatial Ability Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas X MAN Purwodadi Tahun 2011/2012] Microsoft Word (Implementasi Pembelajaran Realistik Matematika Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Spatial Ability Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas X MAN Purwodadi Tahun 2011/2012) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga yang selama ini dilaksanakan masih mengalami pencapaian yang rendah. Rendahnya kemampuan siswa dapat ditunjukkan dengan siswa sukar mengenal dan memahami bangun-bangun geometri terutama bangun-bangun ruang dan unsur-unusurnya. Kemampuan mengenali ruang atau disebut kemampuan keruangan (Satial Ability) sangat penting bagi siswa. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa kemampuan keruangan (Spatial Ability) siswa MAN Purwodadi masih rendah. Pendekatan pembelajaran realistik (RME) salah satu alternatif pendekatan pembelajaran matematika yang dapat mengakomodasi tuntunan di atas. untuk meningkatkan kemampuan keruangan selain dengan pembelajaran realistik, perlu juga suatu alat bantu sehingga sedikit demi sedikit membantu memahami keruangan siswa Berdasarkan latar belakang tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran RME dapat meningkatkan kemampuan keruangan (Spatial Ability) siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Purwodadi tahun pelajaran 2011/2012. Dari Sepuluh kelas yang ada diambil satu kelas secara acak. Kelas X-1 dipilih sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan uji proporsi dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil analisis data akhir dengan uji proporsi pihak kanan menunjukkan proporsi siswa kelas eksperimen yang melakukan kesalahan semuanya dapat teratasi dan mencapai KKM klasikal lebih dari 79,9%. Selanjutnya, dari hasil uji perbedaan dua rata-rata diketahui bahwa rata-rata hasil tes kemampuan keruangan seswa kelas eksperimen sesudah pembelajaran RME lebih baik dari pada sebelumnya. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah implementasi pembelajaran RME dapat meningkatkan Spatial Ability siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education, Alat Peraga, Spatial Ability, Dimensi Tiga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Oct 2012 12:14
Last Modified: 16 Oct 2012 12:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15933

Actions (login required)

View Item View Item