Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website E-learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Menjaga Sistem Dokumen Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Teuku Umar Semarang


Alin Rizky.Budiani, , 7101408201 (2012) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website E-learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Menjaga Sistem Dokumen Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Teuku Umar Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website E-learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Menjaga Sistem Dokumen Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Teuku Umar Semarang] Microsoft Word (Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website E-learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Menjaga Sistem Dokumen Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Teuku Umar Semarang) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Hasil Belajar merupakan seluruh kegiatan pengukuran, pengolahan, penafsiran dan pertimbangan untuk membuat keputusan tentang tingkat hasil belajar yang dicapai oleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar. Sistem pembelajaran E-learning yang menggunakan media pembelajaran berbasis Website dapat mendorong siswa untuk berfikir kritis dan mandiri, sehingga dengan media pembelajaran Website diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dalam pelajaran menjaga sistem dokumen dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa masih sangat kurang Hal ini dapat dilihat dari sedikitnya siswa yang mendengarkan penjelasan dari guru, menjawab pertanyaan guru atau berdiskusi di kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas pada mata diklat menjaga sistem dokumen maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan memvariasikan media pembelajaran berbasis Website E-learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP 2 SMK Teuku Umar Semarang. Rancangan kegiatan penelitian ini adalah siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang dalam penelitian ini adalah angket tanggapan siswa menggunakan media pembelajaran berbasis web e-learning, lembar pengamatan untuk mengukur kinerja guru dan lembar pengamatan untuk mengukur aktivitas siswa. Hasil penelitian diperoleh rata-rata tanggapan siswa sebesar 76.0%, ter kategori masuk dalam kategori baik. Adapun tingkat aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66%, dan pada siklus II sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Peningkatan kinerja guru dan aktivitas belajar siswa berdampak terhadap hasil belajar siswa yaitu pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 69.5% dan pada siklus II rata-rata mencapai ketuntasan klasikal sebesar 80.3% Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Website E-learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat menjaga sistem dokumen. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa yang diperoleh pada mata pelajaran menjaga system dokumen dengan menerapkan media pembelajaran berbasis Website E-learning pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Website E-learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 07:57
Last Modified: 12 Sep 2012 07:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15334

Actions (login required)

View Item View Item