Pemanfaatan Media CD Interaktif dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab Kelas VIII A MTs N Kendal Tahun Ajaran 2011/2012


Chusnil Ibad, 2303408010 (2012) Pemanfaatan Media CD Interaktif dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab Kelas VIII A MTs N Kendal Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemanfaatan Media CD Interaktif dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab Kelas VIII A MTs N Kendal Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Pemanfaatan Media CD Interaktif dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab Kelas VIII A MTs N Kendal Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu jenis keterampilan berbahasa yang ingin dicapai dalam pengajaran bahasa termasuk bahasa Arab. Akan tetapi dalam kenyataannya, siswa masih banyak menemukan kesulitan dalam pembelajaran berbicara bahasa Arab. Penyebab kesulitan yang dihadapi siswa antara lain karena media yang diterapkan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab tidak menarik dan membosankan sehingga siswa enggan berpartisipasi aktif dalam kegiatan berbicara bahasa Arab. Oleh karena itu, pemanfaatan media media CD interaktif diharapkan bisa memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengungkapkan gagasan atau pikiran seluas-luasnya khusunya pada keterampilan berbicara. Masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab setelah diterapkan media CD interaktif pada siswa kelas VIII A MTs Negeri Kendal tahun ajaran 2011/2012?. (2) bagaimana respon dan minat belajar siswa kelas VIII A MTs Negeri Kendal tahun ajaran 2011/2012 setelah diterapkan media CD interaktif ?. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab kelas VIII A MTs Negeri Kendal setelah diterapkan media CD interaktif. (2) untuk mengetahui respon dan minat belajar siswa kelas VIII A MTs Negeri Kendal tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari data tes dapat diketahui peningkatan yaitu nilai rata- rata kelas dari 37 siswa pada siklus I adalah 62.19 dan pada siklus II adalah 77.96. Dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar subjek penelitian dari tiap pertemuan. Dalam prosentase peningkatan tersebut adalah -1.58% dari pertemuan I ke pertemuan II. Dan terjadi peningkatan sebesar 15.89% dari pertemuan II ke pertemuan III. Selanjutnya peningkatan 18.04% dari pertemuan III ke pertemuan IV. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab dengan penerapan media CD interaktif pada siswa kelas VIII A MTs Negeri Kendal sebesar 25.36%. Hasil analisis data non tes juga menunjukkan adanya perubahan perilaku positif siswa kelas VIII A MTs Negeri Kendal tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Penerapan Media CD interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2012 11:25
Last Modified: 02 Sep 2012 11:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14788

Actions (login required)

View Item View Item