Penerapan Metode Pembelajaran Inovatif Model Group Investigation Materi Musik Nusantara di SMP N 2 Kendal


Intan Budi .A, 2503408041 (2012) Penerapan Metode Pembelajaran Inovatif Model Group Investigation Materi Musik Nusantara di SMP N 2 Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Metode Pembelajaran Inovatif Model Group Investigation Materi Musik Nusantara di SMP N 2 Kendal] Microsoft Word (Penerapan Metode Pembelajaran Inovatif Model Group Investigation Materi Musik Nusantara di SMP N 2 Kendal) - Published Version
Download (28kB)

Abstract

Upaya mencari metode pembelajaran yang baik dalam pendidikan adalah salah satu usaha untuk mencapai tujuan pendidikan. Salah satunya menggunakan metode pembelajaran inovatif model Group Investigation. Maka penelitian skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode pembelajaran inovatif model Group Investigation pada materi musik nusantara. Sehingga pada penelitian ini memiliki 2 masalah yaitu: (1) Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran inovatif menggunakan model Group Investigation ;dan (2) Apa saja faktor penghambat maupun faktor pendukung dalam proses pembelajaran menggunakan model Group Investigation? Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian skripsi ini, dengan lokasi di SMP N 2 Kendal rintisan sekolah bertaraf internasional dan dilaksanakan pada siswa kelas 8, serta sasarannya adalah penerapan metode pembelajaran inovatif model Group Investigaton. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, observasi partisipan dan wawancara. Analisis data penelitian kualitatif menggunakan model kerangka menurut Miles dan Huberman yang menggunakan 3 cara yaitu: (1) reduksi data;(2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Group Investigation pada siswa kelas 8 di SMP N 2 Kendal terangkum dalam 3 tahap umum. Yaitu tahap perencanaan yang meliputi tahap grouping, planning, dan Investigation; kemudian tahap pelaksanaan yang meliputi tahap organization dan presenting; kemudian yang terakhir adalah tahap evaluasi atau evaluating. Hasil penelitian menggambarkan beberapa temuan peneliti mengenai kondisi siswa ketika pembelajaran menggunakan model GI berlangsung. Siswa tidak bosan bahkan bersemangat serta antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Disamping itu beberapa aspek muncul dari dalam personal siswa diantaranya kreatifitas siswa, keberanian siswa mengungkapkan pendapat dan bertanya, keaktifan siswa, kekritisan siswa serta interaksi sosial antar siswa terjadi selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Dalam penerapan pembelajaran model Group Investigation juga memiliki faktor penghambat dan pendukung. Peneliti memiliki saran dalam penelitian ini bagi peserta didik maupun bagi pengajar. Bagi peserta didik diharapkan lebih berperan aktif dalam menyampaikan ide yang berkualitas dan memberikan respon yang baik dalam penyajian materi menggunakan model GI; bagi pengajar hendaknya selalu mengupayakan pembelajaran yang inovatif pada setiap kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Group Investigation (Model GI), Musik Nusantara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Jul 2012 07:34
Last Modified: 04 Jul 2012 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12967

Actions (login required)

View Item View Item