Efektivitas Pembelajaran Sejarah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Siswa Kelas XI IPS SMA N Banyumas Tahun Ajaran 2011/2012


Wiji Dwi Lestari, 3101408109 (2012) Efektivitas Pembelajaran Sejarah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Siswa Kelas XI IPS SMA N Banyumas Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Sejarah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Siswa Kelas XI IPS SMA N Banyumas Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Efektivitas Pembelajaran Sejarah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Siswa Kelas XI IPS SMA N Banyumas Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Pembelajaran sejarah akan mencapai hasil yang efektif dan efisian jika siswa aktif dalam pembelajaran di kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan mengaktifkan siswa adalah model pembelajaran Snowball Throwing. Oleh karena itu penelitian ini ingin mengetahui seberapa efektif model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran sejarah di kelas. Tujuan penelitian adalah : (1) untuk mengetahui hasil pembelajaran sejarah tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas XI IPS SMA N Banyumas Tahun Ajaran 2011/2012; (2) untuk mengetahui hasil pembelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas XI IPS SMA N Banyumas Tahun Ajaran 2011/2012; (3) untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas XI IPS SMA N Banyumas Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Tempat pelaksanaan penelitian yakni SMA N Banyumas. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data dan pembahasan ditarik simpulan sebagai berikut: (1) Prestasi belajar siswa pada kelompok kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran sejarah 72,63 dengan tingkat ketuntasan 75,00%; (2) Prestasi belajar pada kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran sejarah, diperoleh hasil 78,42 dengan tingkat ketuntasan 87,88%; (3) Pembelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih efektif dibandingkan pembelajaran sejarah tanpa model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas XI IPS SMA N Banyumas Tahun Ajaran 2011/2012. Saran yang dianjurkan oleh peneliti sebagai berikut: (1) kepada guru sejarah diharapkan menerapkan dengan model pembelajaran koopertif tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran karena hasil yang efektif dibandingkan dengan metode ceramah; (2) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing membutuhkan kreatifitas guru dalam mengelola pembelajaran, jika siswa kurang kreatif dan aktif dalam berdiskusi, maka pembelajaran akan berjalan monoton; (3) Pada penelitian selanjutnya dapat dilakukan model pembelajaran selain model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil pelajaran sejarah sehingga siswa akan semakin senang dengan pelajaran sejarah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Sejarah, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 01:49
Last Modified: 16 May 2012 01:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12143

Actions (login required)

View Item View Item