Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS- Sejarah Siswa Kelas VIII SMP Di Kecamatan Batang Tahun Ajaran 2009/ 2010


Puspita Dewi, 3101406044 (2012) Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS- Sejarah Siswa Kelas VIII SMP Di Kecamatan Batang Tahun Ajaran 2009/ 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS- Sejarah Siswa Kelas VIII SMP Di Kecamatan Batang Tahun Ajaran 2009/ 2010] Microsoft Word (Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS- Sejarah Siswa Kelas VIII SMP Di Kecamatan Batang Tahun Ajaran 2009/ 2010) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Sumber belajar sangat diperlukan agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan maksimal. Segala hal yang sekiranya mendukung dan dapat dimanfaatkan untuk keberhasilan pembelajaran dapat dipertimbangkan menjadi sumber belajar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pengaruh pemanfaatan sumber belajar sejarah terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas VIII SMP Negeri di kecamatan Batang Tahun ajaran 2009/ 2010? (SMP Negeri 2 Batang dan SMP Negeri 6 Batang), (2) bagaimana pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas VIII SMP Swasta di kecamatan Batang Tahun ajaran 2009/ 2010? (SMP Islam Batang dan MTs Muhammadiyah Batang). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP di empat sekolah di kecamatan Batang tahun ajaran 2009/ 2010. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 SMP, yaitu SMP Negeri 2 Batang, SMP Negeri 6 Batang, SMP Islam Batang, dan MTS Muhammadiyah Batang. Dari keempat SMP tersebut diperoleh sampel sejumlah: SMP N 2 Batang sejumlah 19 siswa, SMP N 6 Batang sejumlah 24 siswa, SMP Islam Batang sejumlah 25 siswa, MTS Muhammadiyah Batang 17 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi dan angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif persentase, dan analisis regresi sederhana. Analisis regresi dalam penelitian ini meliputi uji persyaratan analisis, uji hipotesis, dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemanfaatan sumber belajar oleh siswa termasuk dalam kriteria tinggi dengan persentase 77,21% di SMP N dan 80,95% di SMP swasta. Ada pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa.hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan regresi sederhana sebesar 10,4% pada SMP N dan 2,1% pada SMP Swasta dilihat dari hasil penelitian berdasarkan uji F. Saran, diharapkan guru untuk terus meningkatkan keterampilannya dalam mengelola sumber belajar yang ada agar dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga dapat menarik perhatian dan siswa pun termotivasi untuk meningkatkan pemanfaatan sumber belajar yang dapat memperlancar dan mendukung dalam proses belajar mereka. Diharapkan siswa juga memanfaatkan sumber belajar secara mandiri tanpa harus menunggu perintah dari guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Sumber Belajar, Hasil Belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 01:23
Last Modified: 16 May 2012 01:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12132

Actions (login required)

View Item View Item