Upaya Meningkatkan Minat Membaca pada Buku Pelajaran melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII D SMP N 7 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012


Nuri Susanti, 1301407032 (2012) Upaya Meningkatkan Minat Membaca pada Buku Pelajaran melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII D SMP N 7 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Minat Membaca pada Buku Pelajaran melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII D SMP N 7 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Upaya Meningkatkan Minat Membaca pada Buku Pelajaran melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII D SMP N 7 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Susanti, Nuri. 2012.“ Upaya Meningkatkan Minat Membaca pada Buku Pelajaran melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII D SMP N 7 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012”. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof.Dr.DYP.Sugiharto, M.Pd.Kons. Pembimbing II: Dra. Ninik Setyowani, M.Pd. 125 hal. Kata Kunci: minat membaca, minat membaca pada buku pelajaran, layanan bimbingan kelompok. Di masa sekarang ini minat membaca siswa terutama pada buku pelajaran sangat rendah. Hal ini juga terjadi di SMP Negeri 7 Semarang. Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa SMP Negeri 7 Semarang dengan penyebaran DCM, di dapatkan data bahwa dari 36 siswa yang mengisi DCM ada 29 anak yang lebih suka membaca buku-buku hiburan dari pada buku-buku pelajaran. Hal ini jelas sangat memprihatinkan, mengingat membaca adalah hal yang paling penting dan paling utama bagi seorang pelajar. Dalam penelitian ini akan menggunakan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan minat membaca siswa pada buku pelajaran. Penilitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui minat membaca buku pelajaran pada siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan BKP serta untuk mengetahui perkembangan minat membaca buku pelajaran pada siswa setelah di laksanakan BKP. Rancangan penelitian yang digunakan dalan penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian eksperimen. Karena peneliti sengaja menumbuhkan minat membaca buku pelajaran dengan cara melakukan layanan bimbingan kelompok dan kemudian peneliti ingin mengetahui bagaimana akibat yang ditimbulkan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa, (1) 10 responden yang menjadi sampel memiliki persentase rata-rata minat membaca 34,05 % (kategori rendah) sebelum diberikan BKP dan siswa memiliki frekuansi membaca rata-rata 6-9 menit. (2) Setelah BKP secara umum responden memiliki rata-rata post test sebesar 92.57% (kategori sangat tinggi) dan siswa memiliki frekuensi membaca rata-rata 25-26 menit (mengalami kenaikan 17-20 menit). (3) BKP dapat meningkatkan minat membaca siswa pada buku pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan (1) Konselor disekolah dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok dalam berupaya untuk meningkatkan minat membaca siswa terhadap buku pelajaran. (2) Sebaiknya siswa senantiasa menjaga minat membaca pada buku pelajaran yang telah diperoleh dari layanan BKP (3) Berdasarkan penelitian ini diharapkan peneliti berikutnya dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan rujukan untuk penelitian selanjutnya lebih baik lagi dan mampu mencakup populasi lebih luas dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat membaca, minat membaca pada buku pelajaran, layanan bimbingan kelompok
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 May 2012 04:45
Last Modified: 15 May 2012 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12079

Actions (login required)

View Item View Item