PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN WEB eXe TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 REMBANG-PURBALINGGA MATERI POKOK HIDROKARBON


Kustanto , 4301406059 (2011) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN WEB eXe TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 REMBANG-PURBALINGGA MATERI POKOK HIDROKARBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN WEB eXe TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 REMBANG-PURBALINGGA MATERI POKOK HIDROKARBON] Microsoft Word (PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN WEB eXe TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 REMBANG-PURBALINGGA MATERI POKOK HIDROKARBON) - Published Version
Download (46kB)

Abstract

Kustanto. 2010. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Web eXe Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Rembang-Purbalingga Materi Pokok Hidrokarbon. Skripsi, Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Sudarmin, M.Si, Pembimbing II: Dra. Saptorini HS, M.Pi. Kata Kunci : pengaruh, Team Assisted Individualization (TAI), web eXe, hasil belajar. Seiring dengan kemajuan sistem Teknologi Informasi (TI), dunia pendidikan senantiasa bergerak maju secara dinamis, khususnya untuk menciptakan media, metode dan materi pendidikan yang semakin menarik, interaktif dan komprehensif. Sistem pembelajaran yang memberi kesempatan kepada anak didik untuk bekerja sama satu sama lain adalah pembelajaran kooperatif. Oleh karena itu, peneliti menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan web eXe agar siswa lebih mudah memahami materi, sehingga siswa akan lebih mantap dalam penguasaan konsep. Penggunakan bahan ajar berbantuan web akan mengoptimalkan proses pembelajaran karena pemerolehan informasi tidak terbatas tempat dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan web eXe terhadap hasil belajar kimia ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X. Pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas X.3 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan web eXe dan kelas X.6 sebagai kelas kontrol yang hanya mendapatkan pembelajaran secara konvensional setelah dilakukan uji homogenitas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Analisis tahap awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan Uji Anava. Sedangkan analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, analisis pengaruh antar variabel, penentuan koefisien determinasi, dan analisis hasil angket dan observasi. Diperoleh kesimpulan hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata penggunaan pendekatan pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan web eXe berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa materi hidrokarbon. Dari hasil analisis diperoleh rb 0,450 dengan besarnya kontribusi 20,24%. Simpulan pada penelitian ini adalah penggunaan pendekatan pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan web eXe berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa materi hidrokarbon siswa kelas X.3 SMAN 1 Rembang-Purbalingga dengan kontribusi 20,24%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, Team Assisted Individualization (TAI), web eXe, hasil belajar.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 06:27
Last Modified: 29 Nov 2011 06:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9996

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item