PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X-5 SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG


Nisa Arifa Lutfiana , 2101406635 (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X-5 SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG. Under Graduates thesis, unnes.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X-5 SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG] Microsoft Word (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X-5 SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

SARI Lutfiana, Nisa Arifa. 2010. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Metode Group Investigation pada Siswa Kelas X-5 SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Drs. Wagiran, M.Hum., Pembimbing II : Drs. Haryadi, M.Pd. Kata kunci : keterampilan menulis, paragraf deskripsi, metode group investigation Keterampilan menulis paragraf deskripsi merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu diajarkan pada siswa secara terpadu dengan keterampilan berbahasa yang lain. Pada kenyataannya banyak siswa yang beranggapan bahwa keterampilan berbahasa yang paling sulit ialah keterampilan menulis paragraf deskripsi. Hal ini disebabkan, karena sebagian besar siswa kurang memperhatikan dan menganggap mudah materi menulis paragraf deskripsi sehingga hasil yang diperoleh tidak maksimal. Selain itu, guru jarang menggunakan metode pembelajaran sebagai metode penyampaian materi pada siswa. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini memang mengkaji dua masalah, yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X-5 SMA PGRI 1 Taman Pemalang dengan menggunakan metode group investigation dan ; (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas X-5 SMA PGRI 1 Taman Pemalang setelah mendapatkan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan metode group investigation. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan metode group investigation pada siswa kelas X-5 SMA PGRI 1 Taman Pemalang dan untuk mendeskripsikan perubahan sikap dan tingkah laku siswa setelah mendapatkan pembelajaran menulis paragraf deskripsi melalui metode group investigation. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan metode group investigation dengan target keberhasilan dari setiap siswa pada proses pembelajaran prasiklus, siklus I, dan siklus II ditetapkan nilai batas tuntas yaitu 70 % dan nilai batas rata-rata kelas 75%. Desain penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan metode group investigation. Teknik nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi, catatan harian, wawancara, dan dokumentasi (foto) kepada siswa X-5 SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Teknik analisis data kualitatif meggunakan deskripsi kuantitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil analisis data penelitian keterampilan menulis paragraf deskripsi pada prasiklus, siklus I, dan siklus II menunjukkan peningkatan. Pada hasil tes prasiklus diperoleh skor rata-rata klasikal sebesar 58,41 dengan kategori cukup. Pada hasil tes siklus I diperoleh skor rata-rata klasikal sebesar 68,85 dengan kategori cukup. Pada hasil tes siklus II diperoleh skor rata-rata klasikal sebesar 78,63 dengan kategori baik. Peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi pada tiap siklus diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah positif. Hal tersebut terlihat pada keaktifan siswa dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran serta siswa merasa senang dan tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan metode group investigation. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan metode group investigation pada siswa X-5 SMA PGRI 1 Taman Pemalang mengalami peningkatan. Penulis menyarankan kepada guru bahasa Indonesia sebaiknya memberikan variasi-variasi dalam pembelajaran, yaitu dengan penerapan metode pembelajaran yaitu metode group investigation dalam pembelajaran menulis untuk menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran menulis yang dapat dijadikan alternatif untuk membelajarkan keterampilan menulis paragraf deskripsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, paragraf deskripsi, metode group investigation
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 3257 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 05:13
Last Modified: 29 Nov 2011 05:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9982

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item