PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MENGGUNAKAN METODE PIKA-RAKA (PILIH KATA-RANGKAI KARANGAN) PADA SISWA KELAS VII D SMP N 02 WELERI KABUPATEN KENDAL


Hermawanti Pujiyanti , 2101406572 (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MENGGUNAKAN METODE PIKA-RAKA (PILIH KATA-RANGKAI KARANGAN) PADA SISWA KELAS VII D SMP N 02 WELERI KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MENGGUNAKAN METODE PIKA-RAKA (PILIH KATA-RANGKAI KARANGAN) PADA SISWA KELAS VII D SMP N 02 WELERI KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MENGGUNAKAN METODE PIKA-RAKA (PILIH KATA-RANGKAI KARANGAN) PADA SISWA KELAS VII D SMP N 02 WELERI KABUPATEN KENDAL) - Published Version
Download (88kB) | Preview

Abstract

Pujiyanti, Hermawanti. 2010. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Mengguanakan Metode PIKA-RAKA pada siswa kelas VII D SMP Negeri 02 Weleri Kabuppaten Kendal. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Wagiran M. Hum, dan pembimbing II: Hari Bakti M. Hum. Kata kunci : keterampilan menulis, pengalaman pribadi, karangan narasi dan metode PIKA-RAKA. Kemampuan siswa kelas VII D SMP N 02 Weleri untuk menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti memberikan solusi dengan menggunakan metode PIKA-RAKA. Metode PIKA-RAKA adalah metode dalam menulis karangan dengan cara memilih kata kemudian dirangkai menjadi sebuah karangan. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi pada siswa kelas VII D SMP Negeri 02 Weleri, Kabupaten Kendal setelah dilakukan pembelajaran menulis karangan narasi dengan metode PIKA-RAKA; (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi dengan metode PIKA-RAKA. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi pada siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi dengan metode PIKA-RAKA; (2) mendeskripsi perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi dengan mengguanakan metode PIKA-RAKA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 02 Weleri Kabupten Kendal. Variabel yang diungkap dalam penelitian ini adalah variabel keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan pengalaman pribadi dan penggunaan metode PIKA-RAKA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, dengan batas ketuntasan yaitu 70. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan untuk data tes dan nontes. Teknik analisa data yang digunakan secara kuantitatif untuk data tes dan secara kualitatif untuk data nontes. Alat pengambilan berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi, dan pedoman jurnal. Berdasarkan hasil analisis data, hasil tes rata-rata pada prasiklus sebesar 57,94 berada pada kategori kurang. Siklus I sebesar 60,03 berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II sebesar 76,32 berada pada kategori baik. Selisih nilai rata-rata siswa pada prasiklus dan siklus II sebanyak 18,38 dan mengalami peningkatan sebesar 23,31%. Perubahan tingkah laku siswa dapat dilihat secara jelas pada saat pembelajaran. Hasil data nontes siklus I, masih tampak perilaku negatif siswa saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus II perilaku negatif siswa semakin berkurang dan perilaku positif siswa semakin bertambah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang diberikan antara lain: (1) para guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia sebaiknya dapat memanfaatkan metode PIKA-RAKA karena terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dan dapat berpikir kritis terhadap tugas-tugas yang dikerjakannya; (2) para peneliti di bidang bahasa dapat melakukan penelitian serupa dengan mengguanakan metode pembelajaran yang berbeda, sehingga didapatkan berbagai alternatif metode pembelajaran menulis karangan narasi yang dapat meningkatkan keterampilan siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, pengalaman pribadi, karangan narasi dan metode PIKA-RAKA
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 05:13
Last Modified: 29 Nov 2011 05:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9955

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item