PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN MELALUI ALAT PERAGA MANIK-MANIK PADA SISWA KELAS IV SD N TAWANG MAS 01 SEMARANG


Nikmah Amalia , 1402407145 (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN MELALUI ALAT PERAGA MANIK-MANIK PADA SISWA KELAS IV SD N TAWANG MAS 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR  OPERASI HITUNG BILANGAN MELALUI  ALAT PERAGA MANIK-MANIK PADA SISWA  KELAS IV SD N TAWANG MAS 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN MELALUI ALAT PERAGA MANIK-MANIK PADA SISWA KELAS IV SD N TAWANG MAS 01 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Untuk menguasai dan menciptakan teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika sejak dini. Oleh karena itu, mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang diberikan pada setiap jenjang pendidikan dari mulai pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui Alat Peraga Manik-Manik aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan aktivitas guru pada kelas IV SDN Tawang Mas 01 Semarang dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan aktivitas guru dalam proses pembelajaran operasi hitung bilangan melalui Alat Peraga Manik-manik pada siswa kelas IV SDN Tawang Mas 01 Semarang. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa yang diambil dari siswa kelas IV yang berjumlah 41 anak. Penelitian ini berlangsung selama tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel/ faktor yang diselidiki pada penelitian ini adalah prestasi belajar, aktivitas siswa, dan aktivitas guru dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan aktivitas guru dalam pembelajaran operasi hitung bilangan melalui Alat Peraga Manik-manik. Rata-rata hasil belajar meningkat dari siklus I nilai 71.2, siklus II 83,17, siklus III menjadi 84,6. Rata-rata aktivitas siswa meningkat dari siklus I 21,7 dengan kriteria baik, siklus II 23 dengan kriteria baik, siklus III menjadi 25,8 dengan kriteria sangat baik . Rata-rata aktivitas guru meningkat dari siklus I 2,9 dengan kriteria baik, siklus II 3,3 dengan kriteria sangat baik, siklus III menjadi 3,7 dengan kriteria sangat baik. Saran yang dapat penulis berikan adalah Alat Peraga manik-manik dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran operasi hitung bilangan, karena alat peraga manik-manik mampu meningkatkan aktivitas, prestasi belajar, dan aktivitas guru dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Operasi Hitung Bilangan, Alat Peraga Manik-Manik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 04:51
Last Modified: 25 Apr 2015 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9951

Actions (login required)

View Item View Item