ANALISIS MATERI DAN PENYAJIAN BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VII DI KABUPATEN KUDUS DITINJAU DARI TUJUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TAHUN AJARAN 2009 / 2010


Qurrota A’yun , 4101406514 (2011) ANALISIS MATERI DAN PENYAJIAN BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VII DI KABUPATEN KUDUS DITINJAU DARI TUJUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TAHUN AJARAN 2009 / 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of ANALISIS MATERI DAN PENYAJIAN BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VII DI KABUPATEN KUDUS DITINJAU DARI TUJUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TAHUN AJARAN 2009 / 2010]
Preview
PDF (ANALISIS MATERI DAN PENYAJIAN BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VII DI KABUPATEN KUDUS DITINJAU DARI TUJUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TAHUN AJARAN 2009 / 2010) - Published Version
Download (97kB) | Preview

Abstract

A’yun, Qurrota. 2010. Analisis Materi dan Penyajian Buku Teks Pelajaran Matematika SMP Kelas VII Di Kabupaten Kudus Ditinjau dari Tujuan Pembelajaran Matematika Tahun Ajaran 2009 / 2010. Skripsi, Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Drs. M. Asikin, M.Pd., Pembimbing II : Isnarto, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Analisis, Materi dan Penyajian, Buku Teks Pelajaran Matematika, Tujuan Pembelajaran Matematika Buku teks pelajaran atau biasa disebut dengan buku ajar merupakan suatu media bagi penyajian suatu objek secara terurut bagi keperluan belajar dan mengajar sehingga bermanfaat untuk pengkonstruksian suatu situasi belajar secara spesifik. Penyajian buku dan materi dalam buku teks pelajaran matematika juga harus dibuat sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika. Selain itu penyajian dan materi dalam buku teks pelajaran atau buku ajar matematika tersebut harus memuat rumusan-rumusan standar buku ajar yang ditetapkan Depdiknas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian aspek materi dan penyajian buku teks pelajaran matematika SMP Kelas VII di Kabupaten Kudus ditinjau dari tujuan pembelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah buku teks pelajaran matematika SMP yang digunakan di Kabupaten Kudus tahun ajaran 2009/2010 dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku yang paling banyak digunakan yaitu buku teks pelajaran matematika SMP Kelas VII terbitan Erlangga sedangkan buku Buku Sekolah Elektronik (BSE) digunakan sebagai data pembanding. Penelitian ini mengkaji dan membandingkan kesesuaian aspek materi dan penyajian buku teks pelajaran matematika SMP Kelas VII terbitan Erlangga dan buku BSE terbitan Depdiknas ditinjau dari tujuan pembelajaran matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumenter dan observasi kemudian dilakukan pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase berdasarkan teknik content analysis atau kajian isi untuk mengetahui hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek materi dan penyajian buku teks pelajaran matematika SMP kelas VII terbitan Erlangga yang sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika. Buku terbitan Erlangga tersebut unggul dalam aspek materi tetapi memerlukan beberapa perbaikan dalam aspek penyajiannya. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan materi dan penyajian buku teks pelajaran matematika SMP kelas VII terbitan Erlangga yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika dan memiliki keunggulan dalam aspek materi tetapi membutuhkan perbaikan dalam aspek penyajiannya. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan pada aspek penyajian dalam buku teks pelajaran matematika SMP kelas VII terbitan Erlangga, hendaknya dilakukan penilaian terlebih dahulu oleh tim ahli sebelum digunakan secara publik oleh peserta didik maupun praktisi pendidikan untuk meningkatkan kualitas buku teks pelajaran matematika yang digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Materi dan Penyajian, Buku Teks Pelajaran Matematika, Tujuan Pembelajaran Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 05:14
Last Modified: 29 Nov 2011 05:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9933

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item