PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH TEKNIK PERAKITAN OTOMOTIF 1 MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN S1 ANGKATAN 2006 JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Panji Hidayat , 5201405547 (2011) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH TEKNIK PERAKITAN OTOMOTIF 1 MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN S1 ANGKATAN 2006 JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, unnes.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH TEKNIK PERAKITAN OTOMOTIF 1 MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN S1 ANGKATAN 2006 JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] Microsoft Word (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH TEKNIK PERAKITAN OTOMOTIF 1 MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN S1 ANGKATAN 2006 JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Panji Hidayat 2010. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Teknik Perakitan Otomotif 1 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin S1 Angkatan 2006 Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang”. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan disiplin terhadap prestasi belajar mata kuliah teknik perakitan otomotif 1 mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin S1 angkatan 2006 Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang.. Metode pengambilan data menggunakan angket (kuesioner) yang telah diuji validitas reliabilitasnya. Metode analisis data dan hipotesis menggunakan analisis regresi dua prediktor. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa deskripsi motivasi belajar prosentase keseluruhan sebesar 72,7% sehingga termasuk kriteria tinggi dan deskripsi disiplin belajar prosentase keseluruhan sebesar 75,16% sehingga termasuk kriteria tinggi. Besarnya sumbangan dari X1 terhadap Y sebesar r2 = 0,161 dan X2 terhadap Y sebesar r2 = 0,178. Hasil analisis regresi ganda didapatkan Fhitung= 12,107 lebih besar dari Ftabel= 3,128 (pada dk pembilang = 2 dan dk penyebut 70 dengan signifikansi 5%) dan R2 sebesar 0,257 artinya motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar mata kuliah teknik perakitan otomotif 1 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin S1 angkatan 2006 Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Hasil penelitian dapat memberikan masukkan kepada pengajar untuk selalu mengawasi mahasiswa saat pembelajaran praktik agar mahasiswa dapat terkontrol jika ada mahasiswa yang tidak menerapkan kedisiplinan pada saat proses belajar mengajar praktik berlangsung untuk ditegur dan diberikan penjelasan serta memberikan sangsi bila memang diperlukan jika ada mahasiswa yang tidak mematuhi aturan dan tata tertib dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar praktik perakitan otomotif 1 khususnya, sebab dari kedisiplinan mendorong mehasiswa belajar secara kongkrit dalam praktik hidup di kampus maupun di rumah. Kata kunci : motivasi belajar, disiplin belajar, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, disiplin belajar, prestasi belajar
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 3257 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 05:14
Last Modified: 29 Nov 2011 05:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9931

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item