PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF POKOK BAHASAN RADIOGRAFI SINAR-X MAHASISWA FISIKA UNNES SEMESTER GENAP 2009/2010


Choirul Ibad , 4201403029 (2011) PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF POKOK BAHASAN RADIOGRAFI SINAR-X MAHASISWA FISIKA UNNES SEMESTER GENAP 2009/2010. Under Graduates thesis, unnes.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF  POKOK BAHASAN RADIOGRAFI SINAR-X  MAHASISWA FISIKA UNNES SEMESTER GENAP 2009/2010] Microsoft Word (PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF POKOK BAHASAN RADIOGRAFI SINAR-X MAHASISWA FISIKA UNNES SEMESTER GENAP 2009/2010) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Ibad, Choirul. 2010. Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pokok Bahasan Radiografi Sinar-X Mahasiswa Fisika Unnes Semester Genap 2009/2010. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Siti Khanafiyah, M.Si., Pembimbing II: Dra. Pratiwi Dwijananti, M.Si. Kata kunci: Hasil belajar kognitif, Bahan ajar berbasis web Media pembelajaran berupa bahan ajar berbasis web merupakan media yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif berbagai macam materi terutama yang bersifat abstrak di jurusan fisika. Pembelajaran untuk materi yang bersifat abtrak masih banyak menggunakan metode ceramah khususnya materi radiografi sinar-X. Materi radiografi sinar-X sangat penting di jurusan fisika karena materi ini diberikan pada matakuliah, fisika sekolah menengah dua, fisika radiasi dan fisika nuklir kedokteran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara dan kondisi pelaksanaan pembelajaran radiografi sinar-X menggunakan bahan ajar berbasis web serta apakah terjadi peningkatan hasil belajar. Penelitian ini berupa Pre Experimental Design dengan desain pre-test dan post-test group. Lokasi penelitian di Laboratorium komputasi fisika FMIPA UNNES. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengambil matakuliah komputasi fisika rombel 3 pada semester genap 2009/2010 yang berjumlah 29 orang. Data penelitian berupa hasil diskusi pembelajaran dan hasil belajar kognitif diperoleh dari test. Uji statistika yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji uji g(gain) dan uji t sepihak.. Hasil analisis statistik uji g terhadap hasil belajar mahasiswa terjadi peningkatan dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata pretest 34,4 dan posttest 86,7 serta diperoleh nilai thitung>ttabel, maka dapat dikatakan hasil belajar mahasiswa dapat ditingkatkan dengan penggunaan bahan ajar berbasis web. Saran yang dapat diberikan setelah melakukan penelitian ini adalah kepada pembaca calon atau pengajar materi khusus radiografi sinar-X, agar dapat dijadikan pertimbangan tersendiri dalam rangka meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan bahan ajar berbasis web menggunakan metode diskusi. .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar kognitif, Bahan ajar berbasis web
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 3257 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 05:15
Last Modified: 29 Nov 2011 05:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9916

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item