PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SALATIGA
Ummi Rosyidah Z , 7101407202 (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SALATIGA)
- Published Version
Download (888kB) | Preview |
Abstract
Dalam usaha meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan strategi belajar mengajar yang diharapkan mampu memperbaiki pembelajaran yang telah berlangsung selama ini. Observasi awal di SMK Negeri 1 Salatiga menunjukkan bahwa hasil belajar Melakukan Prosedur Administrasi masih ada yang belum mencapai KKM. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai ulangan harian pokok bahasan sebelumnya adalah 67 didapatkan beberapa kekurangan dalam proses pembelajaran Melakukan Prosedur Administrasi antara lain, kurang adanya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, penyampaian materi hanya fokus pada guru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi pada siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Salatiga dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Salatiga yang berjumlah 34 orang. PTK terdiri dari dua siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan kontekstual hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada masing-masing siklus, hal ini terlihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Tahap siklus I nilai rata-rata kelas dengan tindakan kontekstual 73 dan 83,3 pada akhir siklus II. Dari lembar observasi aktivitas siswa dari siklus I kelas dengan tindakan kontekstual sebesar 72%, pada siklus II menjadi 90%. Hasil pengamatan pada guru siklus I sebesar 67,5% dan pada siklus II aktivitas guru meningkat sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Melakukan Prosedur Administrasi materi dasar surat menyurat dengan pendekatan kontekstual menggunakan desain penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Saran yang dapat penulis berikan yaitu penerapan pendekatan kontekstual ini dapat dijadikan sebagai alternative pembelajaran bagi guru mata diklat Melakukan Prosedur Administrasi dalam rangka menambah variasi dan pendekatan mengajar. Guru hendaknya melakukan kombinasi pendekatan pembelajaran dengan alat peraga yang lain agar lebih jelas penggambaran yang dimaksud dalam penjelasan. Hal ini berfungsi agar siswa tidak bosan sehingga prestasi belajar mereka optimal. Sekolah hendaknya meningkatkan kualitas peserta didik dengan menyediakan media dan sumber belajar yang cukup bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Kontekstual, keaktifan siswa, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 29 Nov 2011 04:15 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 07:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9898 |
Actions (login required)
View Item |