Pengaruh Chemical Card Control dalam Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Kimia SMA Negeri Banyumas.


Dewi Wahyu Trisnowati, 4301406022 (2011) Pengaruh Chemical Card Control dalam Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Kimia SMA Negeri Banyumas. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang(UNNES).

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Pengaruh Chemical Card Control dalam Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Kimia SMA Negeri Banyumas.] Microsoft Word (Pengaruh Chemical Card Control dalam Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Kimia SMA Negeri Banyumas.) - Published Version
Download (56kB)

Abstract

ABSTRAK Trisnowati, Dewi Wahyu. 2010. Pengaruh Chemical Card Control dalam Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Kimia SMA Negeri Banyumas. Skripsi, Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Titi Wahyukaeni, M. Pd, Pembimbing II: Ir. Winarni Pratjojo, M. Si. Kata Kunci: Pengaruh, Chemical Card Control, Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar. Pembelajaran yang berlangsung di SMA Negeri Banyumas selama ini masih konvensional, nilai ketuntasan belajar belum maksimal dan keaktifan siswa di dalam kelas masih kurang. Hal ini perlu didukung dengan pembelajaran kooperatif yang dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, Chemical Card Control dalam pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together diharapkan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA SMA Negeri Banyumas, Setelah dilakukan perhitungan tenyata berdistribusi normal sehingga dapat dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas XI-IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPA 5 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis uji t data hasil post-test, diperoleh harga t hitung = 4,694 > t tabel = 1,99; yang berarti hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Sehingga dapat diketahui bahwa pembelajaran dengan Chemical Card Control pada model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar kimia SMA Negeri Banyumas. Besarnya pengaruh sebesar 37,13%. Secara keseluruhan hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Rata-rata kognitif kelas eksperimen sebesar 80,13 dengan nilai tertinggi 93, sedangkan kelas kontrol mempunyai rata-rata nilai kognitif sebesar 71,42 dengan nilai tertinggi 90. Nilai rata-rata aspek afektif kelas eksperimen 3,95 sedangkan kelas kontrol 3,01. Begitu juga dengan aspek psikomotorik, kelas eksperimen lebih unggul dari pada kelas kontrol yaitu 3,88 banding 3,12. Berdasarkan uji Gain, diperoleh N-Gain sebesar 0,67 hal ini berarti Chemical Card Control dalam Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together berkontribusi terhadap peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang. Kesimpulan yang dapat diperoleh yaitu Chemical Card Control pada Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar kimia SMA Negeri Banyumas dengan kontribusi sebesar 37,13%. Saran yang dapat peneliti sumbangkan untuk kemajuan pendidikan Indonesia adalah Chemical Card Control dalam Pembelajaran Kooperatif NHT dapat digunakan guru dalam mengatasi masalah kesulitan belajar pada siswa dan bagi peneliti selanjutnya perlu diperhatikan berbagai kendala dalam pembelajaran sehingga dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik dan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Chemical Card Control, Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 05:17
Last Modified: 29 Nov 2011 05:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9895

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item